Penggunaan media komik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi pokok keputusan bersama kelas V SDN Jintel 1 Nganjuk / Eko Fahrudi Purwandini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media komik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi pokok keputusan bersama kelas V SDN Jintel 1 Nganjuk / Eko Fahrudi Purwandini

Purwandini, Nella Arinda (2012) Penggunaan media komik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi pokok keputusan bersama kelas V SDN Jintel 1 Nganjuk / Eko Fahrudi Purwandini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media komik aktivitas hasil belajar PKn SD Mata Pelajaran PKn SD merupakan mata pelajaran yang menuntut siswa untuk memahami konsep dan juga memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan berasyarakat. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada pelajaran PKn di kelas V SDN Jintel 1 Nganjuk diketahui bahwa (1) pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru (teacher center) (2) guru tidak menggunakan media pembelajaran (3) aktivitas belajar siswa rendah (4) hasil belajar siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penggunaan media komik dalam pembelajaran PKn materi pokok Keputusan Bersama di kelas V SDN Jintel 1 Nganjuk (2) peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas V SDN Jintel 1 Nganjuk dengan menggunakan media komik (3) peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Jintel 1 Nganjuk dengan menggunakan media komik. Media komik berfungsi sebagai alat bantu pembelajaran berbentuk gambar ilustrasi yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu cerita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan beberapa perwatakan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikemukakan Kemmis dan Taggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Jintel 1 Nganjuk pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes observasi dan dokumentasi. Penggunaan media komik dalam pembelajaran PKn dapat dilakukan dengan baik hal ini terbukti dari keberhasilan tindakan guru pada siklus I sebesar 91 43% pada siklus II meningkat menjadi 97 56%. Aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 16 85%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 68 5 meningkat pada siklus I menjadi 71 98 dan pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 9 62. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian peroleh kesimpulan bahwa (1) penggunaan media komik pembelajaran lebih menarik dan membuat siswa lebih antusias serta aktif dalam belajar (2) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn menggunakan media komik dapat meningkat (3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn menggunakan media komik dapat meningkat. Bertolak dari kesimpulan penelitian dikemukakan beberapa saran (1) hendaknya guru dan peneliti lain dapat menggunakan media komik pada mata pelajaran lainnya yang disesuaikan dengan materi pembelajaran (2) agar aktivitas siswa lebih optimal maka hendaknya guru memodifikasi media komik dengan model pembelajaran inovatif (3) agar hasil belajar lebih meningkat hendaknya guru melakukan refleksi serta tindakan perbaikan pada setiap pertemuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104479

Actions (login required)

View Item View Item