Analisis kesalahan siswa kelas V dalam mengerjakan soal operasi hitung pecahan doi SDN Bandungrejosari 1 / Suprapti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa kelas V dalam mengerjakan soal operasi hitung pecahan doi SDN Bandungrejosari 1 / Suprapti

Suprapti (2012) Analisis kesalahan siswa kelas V dalam mengerjakan soal operasi hitung pecahan doi SDN Bandungrejosari 1 / Suprapti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci analisis kesalahan soal pecahan Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh beberapa siswa. Dalam mempelajari Matematika siswa harus memahami konsep setelah itu siswa menerapkan konsep sesuai dengan prosedur tertentu. Namun dalam kenyataannya masih banyak kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal. Kesalahan itu perlu dilakukan suatu analisis untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dan penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa kelas V dalam mengerjakan soal operasi hitung pecahan serta mendeskripsikan penyebab kesalahan siswa kelas V melakukan kesalahan tersebut. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari hasil tes tertulis dan hasil wawancara dengan siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi yaitu membandingkan data hasil tes tertulis data hasil wawancara dan masukan dari guru Matematika di tempat penelitian. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kesalahan yang dilakukan siswa sebesar 9 09% untuk soal nomor 1 34 09% untuk soal nomor 2 31 82 % untuk soal nomor 3 36 36 % untuk soal nomor 4 50% untuk soal nomor 5 43 18% untuk soal nomor 6 13 64% untuk soal nomor 7 40 91% untuk soal nomor 8 38 64% untuk soal nomor 9 dan 59 09% untuk soal nomor 10. Dari hasil analisis didapatkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan dalam memahami konsep penjumlahan kesalahan dalam memahami konsep pengurangan pecahan kesalahan dalam menyelesaikan proses pengerjaan kesalahan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan kesalahan dalam menyesuaikan pembilang pecahan kesalahan dalam mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa kesalahan dalam mengubah hasil pecahan biasa menjadi pecahan campuran kesalahan dalam menyederhanakan pecahan dan kesalahan tidak menjawab soal. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu siswa bingung dan tidak paham saat ingin memulai mengerjakan soal siswa belum paham konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa tidak mencermati soal dengan baik siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal siswa tidak bisa membagi waktu siswa belum hafal perkalian dan pembagian bilangan dan siswa tidak menyadari kesalahannya dalam menulis jawaban.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104478

Actions (login required)

View Item View Item