Ningsih, Susi Purwati (2012) Pengembangan alat evaluasi pembelajaran bangun ruang pada siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 1 Malang / Susi Purwati Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci alat evaluasi pembelajaran bangun ruang Alat evaluasi pembelajaran merupakan alat untuk mengukur keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan dan perubahan tingkah laku siswa. Alat evaluasi dapat berbentuk tes dan nontes. Tes adalah alat yang digunakan dalam evaluasi dengan menekankan kemampuan kognitif siswa. Tes dapat berbentuk tes objektif dan uraian. Nontes adalah alat yang digunakan dalam evaluasi dengan menekankan kemampuan afektif dan psikomotor siswa. Nontes dapat berbentuk angket observasi dan wawancara. Pengembangan alat evaluasi ini bertujuan untuk menghasilkan alat evaluasi yang memenuhi tolok ukur penyusunan evaluasi meliputi validitas reliabilitas tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Alat evaluasi yang dikembangkan yaitu materi bangun ruang. Bangun ruang adalah bangun yang memiliki tiga dimensi yaitu panjang lebar dan tinggi. Selain itu bangun ruang juga memiliki rusuk sisi sudut dan titik sudut. Pembelajaran bangun ruang pada penelitian ini dikhususkan untuk siswa kelas IV SD. Adapun materi bangun ruang kelas IV SD yang tercantum dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yaitu menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana yang meliputi kubus balok tabung kerucut dan bola. Alat evaluasi melalui tahap validasi oleh validator sebelum dilakukan uji coba pada siswa kelas IV SD. Validator terdiri dua orang ahli materi yaitu dosen UM dan guru Matematika SDN Bandungrejosari 1 Malang. Analisis hasil validasi oleh validator 1 sebesar 89% yang artinya sangat valid sedangkan validasi oleh validator 2 sebesar 83% yang artinya valid. Berdasarkan hasil analisis evaluasi yang diuji cobakan pada siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 1 Malang dapat disimpulkan bahwa evaluasi dikatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Analisis yang diperoleh sebagai berikut (1) perhitungan validasi menunjukkan tiap butir soal pilihan isian maupun uraian dapat dikatakan valid karena rxy rtabel dengan rtabel 0 312 (2) perhitungan reliabilitas soal dapat dinyatakan reliabel karena hasil perhitungan lebih besar dari 0 70 (3) perhitungan tingkat kesukaran soal menunjukkan soal telah memenuhi kriteria mudah sedang dan sukar (4) perhitungan daya pembeda soal menunjukkan soal telah memenuhi kriteria baik dan cukup.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104477 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |