Kurniasih, Yuni Agung (2012) Profil kesalahan dalam mengerjakan soal operasi hitung campuran pada siswa kelas IV SDN 3 Sawoo Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo / Yuni Agung Kurniasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kesalahan Operasi Hitung Campuran Kelas IV Pendidikan memiliki peranan yang penting dalam kehidupan. Melalui kegiatan pendidikan proses perolehan konsep siswa dilakukan. Dasar-dasar konsep yang diterima oleh siswa dikembangkan salah satunya dengan pelajaran matematika. Terdapat banyak masalah dalam pembelajaran matematika. Salah satunya kesulitan dalam mengerjakan soal operasi hitung campuran. Berkaitan dengan itu perlu pembahasan mengenai profil kesalahan siswa dalam mengerjakan soal operasi hitung campuran. Penelitian ini digunakan untuk melihat jenis kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal operasi hitung campuran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa hasil observasi wawancara dan tes. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi wawancara dan tes. Instrumen penelitian ini adalah manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan pengujian Dependability (Reliabilitas). Kegiatan analisis data dimulai dengan Data Reduction Data Display (Penyajian Data) Conclution Drawing/Verification. Pada penelitian dilakukan validasi instrumen pada 2 ahli materi pada tanggal 26 dan 28 April selanjutnya dilakukan uji coba instrumen pada SDN Ketro pada tanggal 1 Mei. Langkah selanjutnya adalah pengujian validitas reliabilitas daya beda dan tingkat kesukaran. beBerdasarkan hasil pengujian dinyatakan bahwa soal layak digunakan sebagai instrumen penelitian. Pelaksanaan penelitian pada tanggal 9 Juni 2012. Data hasil tes terlihat berbagai jenis kesalahan pada setiap nomor soal. Data hasil wawancara memperlihatkan siswa masih belum hafal perkalian dan pembagian serta cara mengerjakan soal operasi hitung campuran. Setelah dilakukan analisis maka kesalahan siswa terlihat dari proses prosedural pengerjaan operasi hitung matematika dan kurang siapnya siswa dalam menguasai konsep operasi hitung campuran. Berdasarkan hasil analisis tersebut dihasilkan 2 simpulan hasil penelitian sebagai berikut ini. Pertama kesalahan dalam mengerjakan soal operasi hitung campuran pada siswa kelas IV dalam menentukan (1) urutan pengerjaan soal (2) hasil operasi hitung matematika (3) notasi operasi hitung (4) penulisan diketahui ditanya dan jawab dalam menyelesaikan soal cerita (5) kalimat matematika berdasarkan soal cerita. Kedua penyebab siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal operasi hitung campuran kelas IV meliputi (1) tidak memahami peraturan dalam mengerjakan soal operasi hitung campuran (2) belum menguasai perhitungan matematika dan proses pengerjaannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104475 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |