Penerapan model pembelajaran JIGSAW untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V MI As-Sholihin Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Dewi Ainur Rizqiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran JIGSAW untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V MI As-Sholihin Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Dewi Ainur Rizqiyah

Rizqiyah, Dewi Ainur (2012) Penerapan model pembelajaran JIGSAW untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V MI As-Sholihin Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Dewi Ainur Rizqiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model pembelajaran jigsaw keterampilan berbicara MI Penelitian ini mengacu pada salah satu Sekolah Dasar di wilayah kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan yaitu MI As-Sholihin Desa Rebalas. Di Madrasah Ibtidaiyah ini keterampilan berbicara siswa sangat memprihatinkan. Hal tersebut disebabkan oleh kurang diterapkannya penggunaan bahasa Indonesia pada kehidupan sehari-hari siswa bahasa siswa masih sangat terpengaruh bahasa pertama mereka dan siswa kurang percaya diri ketika menggunakan bahasa Indonesia. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk lebih meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V MI As-Sholihin kecamatan Grati kabupaten Pasuruan dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI As-Sholihin Kecamatan Grati Pasuruan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif meliputi klasifikasi data dan penyajian data. Dari observasi yang telah dilaksanakan hasil yang diperoleh siswa mengalami peningkatan nilai. Hasil belajar siswa pada pratindakan secara klasikal yang pada mulanya hanya 25% meningkat pada kegiatan siklus I yaitu 75%. Setelah diberikan pembelajaran pada siklus II hasil belajar siswa lebih meningkat lagi menjadi 87 5%. Dengan demikian secara klasikal dan individual siswa telah tuntas dan tidak memerlukan perbaikan lagi. Berdasarkan paparan di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan yaitu melalui siklus I dan siklus II. Dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara siswa kelas V MI As-Sholihin Kecamatan Grati Pasuruan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa mulai dari kegiatan siklus I ke siklus II. Pada kegiatan siklus I secara klasikal nilai siswa mencapai 75% dan pada siklus II nilai siswa meningkat menjadi 87 5%. Berdasarkan kesimpulan di atas maka disarankan guru hendaknya dalam menyampaikan pelajaran harus benar-benar memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Jika model pembelajaran yang digunakan sesuai dengan materi yang dipelajari maka guru bersama siswa akan mudah dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104472

Actions (login required)

View Item View Item