Hariyani, Novi (2012) Hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sawojajar 4 Koata Malang / Novi Hariyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci hubungan kebiasaan belajar hasil belajar siswa Sekolah Dasar Siswa SDN Sawojajar 4 Kota Malang masih perlu meningkatkan kebiasaan belajar yang baik dan hasil belajarnya khususnya kelas IV masih terdapat siswa yang mempunyai kebiasaan belajar dan hasil belajar yang kurang baik diduga karena berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kebiasaan belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Sawojajar 4 Kota Malang (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sawojajar 4 Kota Malang dan (3) mendeskripsikan hubungan antara belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sawojajar 4 Kota Malang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sawojajar 4 kota Malang sebanyak 37 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket atau kuesioner. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui dokumen yang ada di sekolah tersebut. Untuk mencari hasil tentang kebiasaan belajar dan hasil belajar menggunakan teknik prosentase. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi Product Moment Pearson dengan bantuan program SPSS 17 for Windows. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa (1) kebiasaan belajar siswa kelas IV SDN Sawojajar 4 kota Malang sebesar (67 58%) atau sebanyak 25 siswa mempunyai kebiasaan yang cukup atau sedang (2) hasil belajar siswa kelas IV SDN Sawojajar 4 kota Malang sebesar (45 94%) atau sebanyak 17 siswa mempunyai hasil belajar yang cukup atau sedang dan (3) analisis statistik korelasi menunjukkan nilai rhitung sebesar 0 966 sedangkan rtabel adalah 0 325 dengan batas signifikasi 5% nilai signifikansi adalah 0 000 dan nilai koefisiennya berada pada interval koefisien antara 0 800 sampai dengan 1 000 yang dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa kelas VI SDN Sawojajar 4 kota Malang dengan tingkat korelasi sangat kuat. Artinya kebiasaan belajar memiliki hubungan yang nyata dan berarti dengan hasil belajar serta memberikan kontribusi yang tinggi terhadap hasil belajar. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti dalam upaya agar hasil belajarnya tinggi kepada kepala sekolah dan guru hendaknya lebih memperhatikan dan memberikan bimbingan pada siswa agar siswa dapat belajar dengan baik lagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |