Murtiningsih (2012) Penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS di kelas IV SDI Nurul Izzah Kedungkandang Malang / Murtiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model NHT Aktivitas Belajar Hasil Belajar IPS SD Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dapat diketahui bahwa pembelajaran IPS di kelas IV SDI Nurul Izzah masih konvensional. Pembelajaran lebih berpusat pada guru (teacher centered) sehingga siswa belum terlibat aktif dalam pembelajaran akibatnya aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menawarkan penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS di kelas IV SDI Nurul Izzah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif NHT pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDI Nurul Izzah Kedungkandang. (2) Aktivitas belajar siswa selama diterapkan model pembelajaran kooperatif NHT di kelas IV SDI Nurul Izzah Kedungkandang Malang. (3) Hasil belajar siswa kelas IV SDI Nurul Izzah Kedungkandang Malang setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif NHT. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart meliputi 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunkan tiga cara yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDI Nurul Izzah. perolehan keberhasilan guru dalam penerapan model pembelajaran pembelajaran kooperatif NHT pada pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 84% dan pada siklus II meningkat menjadi 93%. Aktivitas siswa meningkat yaitu pada siklus I rata-rata ketuntasan belajar klasikal sebesar 69 45% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 84 7%. Hasil belajar juga meningkat. Pada siklus I rata-rata ketuntasan belajar klasikal sebesar 62 55% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 84 7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model NHT di kelas IV SDI Nurul Izzah telah dilaksanakan sesuai langkah-langkah NHT sebagai berikut numbering questioning heads together answering. Penerapan model NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDI Nurul Izzah Kedungkandang Malang. Disarankan penelitian berikutnya memperbaiki kelemahan penerapan NHT yang telah dilakukan peneliti sehingga diperoleh hasil yang optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104469 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |