Penerapan pendekatan CTL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas II SDIT Mutiara Hati Kota Malang / Erlia Burul Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan CTL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas II SDIT Mutiara Hati Kota Malang / Erlia Burul Fatmawati

Fatmawati, Erlia Nurul (2012) Penerapan pendekatan CTL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas II SDIT Mutiara Hati Kota Malang / Erlia Burul Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan CTL Aktivitas belajar Hasil belajar IPS Hasil belajar siswa di SDIT Mutiara Hati khususnya pada bidang studi IPS masih rendah. Dari 17 siswa hanya 4 orang siswa yang mampu mencapai KKM yang ditetapkan. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tesebut diterapkan pendekatan CTL. Dengan penerapan pendekatan pembelajaran ini siswa didorong untuk lebih aktif dan mengembangkan kemampuan yang dimilikinya melalui permainan yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penerapan pendekatan CTL pada pembelajaran IPS siswa kelas II SDIT Mutiara Hati (2) aktivitas belajar siswa kelas II SDIT Mutiara Hati pada pembelajaran IPS dengan pendekatan CTL (3) hasil belajar siswa kelas II SDIT Mutiara Hati setelah penerapan pembelajaran IPS dengan pendekatan CTL. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart meliputi 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan kolaborasi dengan guru kelas II di SDIT Mutiara Hati Kota Malang. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes dokumentasi catatan lapangan dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunkan tiga cara yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas II di SDIT Mutiara Hati Kota Malang dengan kompetensi dasar memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga . Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan guru dalam menerapkan pendekatan CTL pada pada siklus I yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 82% dan pada siklus II meningkat menjadi 94 %. Rata-rata nilai akhir penyusunan RPP pada siklus I adalah 90 5% dan meningkat menjadi 96 5%. Aktivitas siswa pada siklus I rata-rata perolehan nilainya adalah 80 5 dan meningkat menjadi 88 35. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal mencapai 73 7% pada siklus I dan meningkat menjadi 91 1% pada siklus II. Hasil belajar pada siklus I rata-rata perolehan nilainya adalah 78 45 dan meningkat menjadi 86 75 pada siklus II. Sementara itu ketuntasan belajar klasikal mencapai 73 45% dan meningkat menjadi 88 2% pada siklus II. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat beberapa kekurangan yang dapat dijadikan pelajaran bagi guru atau peneliti selanjutnya untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Dengan memperhatikan kekurangan-kekurangan pada penelitian ini seperti memberikan materi dengan kalimat yang mudah dimengerti siswa penerapan pembelajaran dengan pendekatan CTL hendaknya sesuai dengan RPP CTL yang telah disusun dan guru lebih memperhatikan pengelolaan waktu diharapkan dapat meminimalisir kesalahan pada penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104468

Actions (login required)

View Item View Item