Perbedaan penerapan model Numbered Heads Together (NHT) dan Team Games Tournament (TGT) tergadap proses dan hasil be3lajar pendidkan kewarhanegaraan siswa kelas V SDN Bareng 3 Kota Malang / Evi Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penerapan model Numbered Heads Together (NHT) dan Team Games Tournament (TGT) tergadap proses dan hasil be3lajar pendidkan kewarhanegaraan siswa kelas V SDN Bareng 3 Kota Malang / Evi Wardani

Wardani, Evi (2012) Perbedaan penerapan model Numbered Heads Together (NHT) dan Team Games Tournament (TGT) tergadap proses dan hasil be3lajar pendidkan kewarhanegaraan siswa kelas V SDN Bareng 3 Kota Malang / Evi Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model NHT dan TGT Proses dan hasil belajar PKn SD Pembelajaran di sekolah memberikan wawasan yang luas kepada siswa untuk mengembangkan potensinya. Pembelajaran PKn SD diharapkan mampu menumbuhkan sikap sopan santun beretika baik peka terhadap lingkungan saling menghargai dan gotong royong sehingga siswa mampu berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Pembelajaran PKn yang diterima di sekolah tidak hanya difokuskan pada aspek kognitif saja tetapi juga aspek afektif. Untuk itu diperlukan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa adalah pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning). Banyak model pembelajaran kooperatif diantaranya NHT dan TGT. Penelitian mencoba menerapkan kedua model tersebut pada mata pelajaran PKn SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penerapan model NHT dan TGT terhadap proses dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas V SDN Bareng 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif komparatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bareng 3 Kota Malang. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VB dan VC. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data berupa tes dan proses belajar berupa lembar observasi. Proses belajar dianalisis secara deskriptif sedangkan hasil belajar secara komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan model NHT dengan TGT. Hal tersebut terbukti melalui Uji t yang menunjukkan bahwa thitung 2 566 ttabel 2 000 dengan taraf signifikansi 945 0 05 dan dk 72. Sedangkan pada proses belajar juga terdapat perbedaan proses belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan model NHT dan TGT. Hal tersebut terbukti melalui penilaian proses belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas NHT berbeda dengan kelas TGT. Rata-rata kelas NHT dan TGT pada pertemuan pertama 83 dan 86. Sedangkan pada pertemuan kedua kelas NHT memiliki rata-rata 86 dan TGT 89. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara proses dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Bareng 3 Kota Malang yang dibelajarkan menggunakan model NHT dan TGT. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu pada saat menerapkan model pembelajaran NHT maupun TGT hendaknya guru lebih memberikan perhatian pada siswa pada setiap tahapan pembelajaran sehingga semua siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104467

Actions (login required)

View Item View Item