Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Controversial Issues (CI) pada pembelajaran PKn di Kelas IV SDN Argosari 02 Lumajang / Nafidatul Ummah - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Controversial Issues (CI) pada pembelajaran PKn di Kelas IV SDN Argosari 02 Lumajang / Nafidatul Ummah

Ummah, Nafidatul (2012) Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Controversial Issues (CI) pada pembelajaran PKn di Kelas IV SDN Argosari 02 Lumajang / Nafidatul Ummah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Controversial Issues (CI) Aktivitas belajar Hasil belajar PKn. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah salah satu mata pelajaran pokok dan wajib diberikan di SD yang bertujuan melatih siswa untuk berpikir kritis rasional dan kreatif dalam menanggapi isu-isu tentang kewarganegaraan. Berdasarkan hasil observasi tanggal 09 Mei 2012 pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Argosari 02 Lumajang diperoleh informasi tentang pelaksanaan pembelajaran di SD tersebut masih menggunakan pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru (teacher centered) sehingga aktivitas dan hasil belajar PKn siswa rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Controversial Issues (CI) (2) Peningkatan aktivitas belajar siswa dan (3) Peningkatan hasil belajar PKn siswa setelah menggunakan model Controversial Issues (CI). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing 2 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil perolehan keberhasilan guru dalam penerapan model CI pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 87 9% dan pada siklus II meningkat menjadi 94 5%. Aktivitas siswa meningkat pada siklus I sebesar 70% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Hasil belajar juga meningkat pada siklus I rata-rata ketuntasan belajar klasikal sebesar 66 7% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 93 4%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model CI telah berhasil diterapkan dalam pembelajaran PKn di kelas sesuai dengan prosedur yang telah direncanakan (2) Terdapat peningkatan aktivitas siswa dalam kemampuan bertanya berpikir kritis ketika menyampaikan pendapat serta argumentasinya dan (3) Hasil belajar siswa semakin meningkat dari tiap siklusnya. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa model Controversial Issues (CI) telah berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Argosari 02 Lumajang dengan KD Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya . Bagi peneliti selanjutnya disarankan dalam menerapkan model CI sebaiknya memperhatikan kekurangan yang dipaparkan dalam penelitian ini seperti (1) Pengorganisasian kelas dan alokasi waktu harus lebih baik dan efektif (2) Penyajian isu kontroversial dan LKK harus lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran di kelas dan (3) Guru harus lebih memahami karakteristik siswa dan selalu memotivasi siswa agar mendapatkan hasil belajar PKn yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104466

Actions (login required)

View Item View Item