Penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan persuasi siswa kelas IV SDN Cemorokandang 1 Kota Malang / Meitina Asih Indriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan persuasi siswa kelas IV SDN Cemorokandang 1 Kota Malang / Meitina Asih Indriani

Indriani, Meitina Asih (2012) Penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan persuasi siswa kelas IV SDN Cemorokandang 1 Kota Malang / Meitina Asih Indriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci karangan persuasi model CIRC SD. Keterampilan menulis karangan sebagai kompetensi dasar berbahasa yang harus dimiliki siswa agar terampil berkomunikasi secara tertulis. Salah satu jenis karangan yang dipelajari yaitu karangan persuasi yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Cemorokandang I dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menulis karangan belum sempurna. Siswa cenderung sulit menemukan gagasan atau ide yang akan ditulis dan siswa belum memahami topik serta kerangka karangan. Dengan kendala-kendala tersebut seorang guru harus bisa memilih model yang tepat untuk pembelajaran menulis karangan. Salah satu model yang dipandang tepat yaitu model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model CIRC untuk menulis karangan persuasi (2) peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan persuasi dengan menggunakan model CIRC. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan model siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN Cemorokandang 1 Kota Malang. Data yang didapat dari observasi wawancara dan dokumentasi akan dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan model alir. Sedangkan data yang terdapat pada rubrik pengamatan dan data hasil evaluasi akan dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan analisis data dapat diketahui pada siklus I siswa masih merasa kesulitan untuk menentukan topik dan kerangka. Dalam mengembangkan karangan juga masih belum sesuai dengan kerangka yang telah dibuat. Pada siklus II kemampuan siswa sudah mengalami peningkatan. Siswa sudah memahami topik dan kerangka. Karangan siswa juga sudah sesuai dengan kerangka yang telah dibuat. Walaupun masih ada beberapa siswa yang merasa kesulitan tetapi dalam siklus II ini sudah nampak peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan. Hal ini dapat dilihat dari hasil hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata kelasnya 67 dari 30 siswa. Sebanyak 19 siswa hasil belajar tuntas sedangkan 11 siswa belum tuntas sedangkan pada siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelasnya 73 dari 30 siswa. Sebanyak 23 siswa hasil belajar tuntas dan 7 siswa belum tuntas. Mengingat pentingnya peningkatan kemampuan menulis karangan maka disarankan bagi guru dalam menerapkan model CIRC hendaknya pada waktu kerja kelompok memperhatikan pengelolaan kelas agar alokasi waktu yang digunakan sesuai dengan yang direncanakan. Selain itu guru hendaknya menunjukkan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan siswa dan tidak bosan mengingatkan agar siswa tidak lagi melakukan kesalahan yang sama. Melalui penelitian ini disarankan untuk peneliti lain yang ingin melakukan penelitian pada karangan tidak hanya terbatas pada penerapan model CIRC tetapi dapat melakukan penelitian dengan model-model lainnya dan pada berbagai karangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104464

Actions (login required)

View Item View Item