Pemanfaatan media mading untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Sawojajar 4 Kota Malang / Intan Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media mading untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Sawojajar 4 Kota Malang / Intan Puspita Sari

Sari, Intan Puspita (2012) Pemanfaatan media mading untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Sawojajar 4 Kota Malang / Intan Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pemanfaatan Media Mading Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD. Hasil observasi awal di kelas V SDN Sawojajar 4 Kota Malang menyimpulkan bahwa keterampilan siswa terhadap materi menulis puisi masih rendah.Pembelajaran masih bersifat konvensional hanya ceramah dan pemberian tugas sehingga siswa cenderung pasif dan mengakibatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi menjadi rendah. Selain itu guru belum menggunakan media sehingga siswa kurang bersemangat dalam pembelajaran.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan media mading. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan model siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sawojajar 4 Kota Malang. Instrumen dalam penelitian ini berupa (1) tes (2) pedoman observasi dan (3) pedoman wawancara (4) catatan lapangan.Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai perancang tindakan dan pelaksana tindakan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan media mading pada kelas V SDN Sawojajar 4 KotaMalang berhasil diterapkan pada pelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi. Pada siklus I pertemuan pertama dalam tahap pramenulis siswa masih kesulitan dalam menentukan ide atau gagasan yang dijadikan dasar dalam menulis puisi. Pada tahap menulis siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis puisi berdasarkan ide yang dituliskan. Selanjutnya pada tahap merevisi siswa dalam menata ide pokok masih belum tertata dengan runtut siswa dalam mengembangkan kata atau diksi juga masih kurang serta penyampaian pesan atau amanat dalam puisi masih banyak yang belum terbaca. Pada pertemuan kedua dalam tahap mengedit siswa banyak yang tidak menuliskan hasil dari mengeditnya. Pada tahap publikasi sebagian besar siswa masih malu untuk mendeklamasikan puisi didepan kelas sehingga banyak mengulur waktu. Sedangkan pada tahap memajang puisi siswa sangat antusias untuk menghias dan memajang puisi yang telah dibuat. Melihat keadaan tersebut maka dilakukan perbaikan pada siklus 2. Pertemuan pertama tahap pramenulis menunjukkan sebagian besar siswa sudah tidak mengalami kesulitan dalam menentukan ide atau gagasan yang dijadikan dasar dalam menulis puisi. Pada tahap menulis siswa sudah dapat menulis puisi berdasarkan ide yang telah dituliskan pada tahap pramenulis. pada tahap merevisi siswa juga telah dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam tahap menulis. Pada ii pertemuan kedua tahap mengedit siswa telah dapat memperbaiki kesalahan tulisan tata bahasa dan kesesuaian dengan struktur kerangka. Pada tahap publikasi beberapa siswa berani maju mendeklamasikan puisinya sebelum ditunjuk oleh guru. Siswa lebih kreatif dalam menghias puisi dari sebelumnya dan siswa sangat antusias dan berebut memajang hasil karyanya berupa puisi. Dari paparan tersebut terlihat keterampilan siswa dalam menulis puisi meningkat setelah melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan media mading. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan media mading dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi dibuktikan dengan hasil nilai siswa yang mengalami peningkatan selama 2 siklus. Selain itu keberhasilan pemanfaatan media mading juga dapat meningkatkan keaktifan siswa saat pembelajaran dan dapat pula meningkatkan aktivitas guru selama pembelajaran.Mengingat pentingnya keterampilan menulis puisi bagi siswa maka disarankan bagi guru untuk memanfaatkan media yang menarik bagi siswa sehingga siswa dapat memahami materi yang diberikan dengan mudah. Salah satu alternatifnya adalah dengan memanfaatkan media mading. Melalui penelitian ini disarankan pula bagi peneliti lain yang tertarik dalam pembelajaran menulis puisi dapat memanfaatkan media mading sebagai model dalam pembelajaran menulis khususnya puisi. Model ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104462

Actions (login required)

View Item View Item