Penerapan model pembelajaran word square pada mata pelajaran PKn untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Cemorokandang 01 Kota Malang / Ali Mulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran word square pada mata pelajaran PKn untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Cemorokandang 01 Kota Malang / Ali Mulia

Mulia, Aki (2012) Penerapan model pembelajaran word square pada mata pelajaran PKn untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Cemorokandang 01 Kota Malang / Ali Mulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Word square aktivitas hasil belajar PKn Observasi awal pada saat kegiatan pembelajaran PKn kelas V di SDN Cemorokandang Kota Malang ditemukan beberapa permasalahan antara lain (1) Pembelajaran yang dilakukan guru masih konvensional kegiatan guru sangat mendominasi semua materi pelajaran disampaikan dengan ceramah oleh guru. Sehingga pada saat pembelajaran guru yang sangat aktif sedangkan aktivitas siswa hanya diam mendengarkan dan hanya mencatat apa yang dituliskan guru dipapan tulis. Siswa cenderung pasif dan jarang sekali bertanya atau mengungkapkan pendapat. dalam mengerjakan soal latihan siswa masih cenderung malas dan pasif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Word Square pada pembelajaran PKn di kelas V SDN Cemorokandang 01 Kota Malang (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas kelas V SDN Cemorokandang 01 Kota Malang setelah penerapan model Word Square (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas kelas V SDN Cemorokandang 01 Kota Malang setelah penerapan model Word Square. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Cemorokandang 01 Kota Malang dengan subjek siswa kelas V sebanyak 19 siswa yang terdiri dari laki-laki dan 14 perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu 1) planning 2) acting observing 3) reflecting dan 4) revise plan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dokumentasi wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan pembelajaran model word square dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar siswa kelas V SDN Cemoro kandang Kota Malang pada mata pelajaran PKn materi keputusan Bersama . Siswa yang tuntas pada tahap pra tindakan yaitu 11 siswa meningkat menjadi 21 siswa pada siklus I. Pada siklus II siswa yang tuntas belajar juga mengalami peningkatan yaitu menjadi 29 siswa. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I Yaitu 5 7% meningkat pada siklus II yaitu 87 9. (1)Penerapan model word square pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan kualitas pembelajaran baik dari segi kenerja guru aktivitas maupun hasil belajar siswa. (2) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan model word squre dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN Cemorokandang 01 Kota Malang pada mata pelajaran PKn materi keputusan Bersama . (3)Penerapan pembelajaran model word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Cemorokandang 01 Kota Malang pada mata pelajaran PKn materi keputusan Bersama . Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan terdapat beberapa saran yaitu Guru hendaknya menerapkan model pembelajaran word square sebagai model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan pembelajaran PKn baik kinerja guru aktivitas maupun hasil. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya dapat dijadikan masukkan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104458

Actions (login required)

View Item View Item