Profil kesalahan dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan pada siswa kelas IV SDN Percobaan 2 Malang / Nurgiati Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil kesalahan dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan pada siswa kelas IV SDN Percobaan 2 Malang / Nurgiati Ningsih

Ningsih, Nurgiati (2012) Profil kesalahan dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan pada siswa kelas IV SDN Percobaan 2 Malang / Nurgiati Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kesalahan penjumlahan pecahan Penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Percobaan 2 Malang menunjukkan bahwa penguasaan anak-anak terhadap pecahan masih kurang. Untuk itu peneliti mengadakan penelitian di kelas IV SDN Percobaan 2 tentang bagaimanakah pola-pola kesalahan yang dilakukan siswa kelas IV SDN percobaan 2 dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan dan faktor apa sajakah yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan.Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan pola-pola kesalahan yang dilakukan siswa kelas IV SDN percobaan 2 dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan dan mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif yang pengumpulan datanya dengan observasi validasi instrumen soal tes dan wawancara. Sasaran penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Percobaan 2 Malang tahun ajaran 2011/2012 dengan banyak 105 siswa. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase (%). Hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa 60 57 dan persentase seluruh kesalahan siswa 39 33%. Berdasarkan hasil analisis dari data tes dan wawancara menunjukkan bentuk kesalahan-kesalahan siswa dalam mengerjakan soal penjumlahan pecahan antara lain siswa melakukan kesalahan dalam menentukan pembilang yang baru siswa melakukan kesalahan dalam menjumlahkan pembilang siswa melakukan kesalahan dalam menjumlahkan penyebut siswa melakukan kesalahan dalam menjumlahkan bilangan cacah siswa melakukan kesalahan dalam menentukan penyebut yang baru siswa melakukan kesalahan dalam mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran siswa melakukan kesalahan dalam mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Dari hasil tes dan wawancara menunjukkan bahwa faktor faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan campuran antara lain siswa belum begitu memahami konsep dan prosedur pengerjaan soal penjumlahan pecahan karena ketika guru menjelaskan siswa tidak memperhatikan siswa tidak bisa menentukan penyebut yang baru pada penjumlahan pecahan campuran siswa tidak teliti dalam menjumlahkan pembilang yang baru setelah disamakan penyebutnya siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal penjumlahan pecahan karena ingin segera istirahat. Saran bagi guru dan peneliti selanjutnya agar membuat soal penjumlahan yang bervariasi dan tidak hanya melakukan penelitian dalam satu sekolah saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104457

Actions (login required)

View Item View Item