Andriyani, Lulu (2012) Penerapan model eksperimen untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas IVB di SDN Sawojajar 1 Kota Malang / Lulu Andriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Model Eksperimen IPA Pembelajaran Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas IVB SDN Sawojajar 1 Kota Malang menunjukkan bahwa dalam pembelajaran penyampaian materi guru masih mendominasi jalannya kegiatan pembelajaran. Guru menggunakan metode ceramah. Dalam pembelajaran ini pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari kurang karena siswa cenderung tidak mendapatkan pengalaman langsung dalam menyelesaikan masalah dan cenderung tidak melakukan kegiatan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah. Sehingga hasil belajar pada materi energi nilai rata-rata hasil belajar 72 08 dan masih terdapat 27 siswa atau 51 1% belum mencapai ketuntasan individu yang telah ditetapkan yaitu 75. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) penerapan model eksperimen dalam pembelajaran IPA kelas IVB SDN Sawojajar 1 (2) aktivitas siswa kelas IVB SDN Sawojajar 1 pada saat pembelajaran IPA dengan menerapkan model eksperimen (3) hasil belajar IPA siswa kelas IVB SDN Sawojajar 1 setelah pembelajaran IPA menerapkan model eksperimen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus terdiri dari perencanaan tindakan observasi dan refleksi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN Sawojajar 1 Kota Malang. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru kelas sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas IVB SDN Sawojajar 1 Kota Malang materi energi panas pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 96 43%. Aktivitas belajar siswa kelas IVB SDN Sawojajar 1 Kota Malang setelah diterapkan eksperimen pada mata pelajaran IPA pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 65 91% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 69 56%. Hasil belajar siswa kelas IVB SDN Sawojajar 1 Kota Malang setelah diterapkan eksperimen pada mata pelajaran IPA pada siklus I tingkat ketuntasan belajar klasikal sebesar 82 09% sedangkan pada siklus II tingkat ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 94 01%. Berdasarkan hasil penelitian disarankan sebaiknya pembelajaran dengan menggunakan model eksperimen diterapkan di sekolah karena melibatkan kemampuan siswa untuk berinteraksi dengan temannya dalam membantu menguasai materi pelajaran serta dalam pembelajaran dengan menggunakan model eksperimen ini guru perlu mempertimbangkan waktu yang direncanakan dengan seksama agar proses pembelajaran IPA berjalan efektif dan efisien sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104455 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |