Peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Blimbing 4 Malang tentang energi bunyi melalui model CTL / Puput Linggayana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Blimbing 4 Malang tentang energi bunyi melalui model CTL / Puput Linggayana

Linggayana, Puput (2012) Peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Blimbing 4 Malang tentang energi bunyi melalui model CTL / Puput Linggayana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran CTL Pembelajaran IPA. Pembelajaran harus dapat membuat siswa mampu mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa. Berdasarkan observasi di SDN Blimbing 4 Malang pembelajaran cenderung penjelasan serta belum memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengungkapkan pendapatnya. Kegiatan siswa terlihat pasif hanya mencatat apa yang disampaikan oleh guru dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Hal ini menyebabkan siswa kurang bisa membangun konsep pengetahuannya sendiri dan bertukar pikiran dengan guru maupun teman sekelasnya sehingga pembelajaran IPA dari segi proses dan hasil masih belum maksimal. Hasil belajar yang diperoleh siswa belum mencapai KKM yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1 pelaksanaan pembelajaran CTL (2) aktivitas siswa kelas IV selama menerapkan pembelajaran CTL siswa (3) hasil belajar siswa setelah menerapkan pembelajaran model CTL di kelas IV SDN Blimbing 4 Malang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Blimbing 4 Malang tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 45siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK yang meliputi empat tahap yaitu 1) planning 2) acting 3) observing dan 4) reflecting. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL di kelas IV SDN Blimbing 4 Malang dapat meningkatkan pembelajaran IPA materi Energi Bunyi. Hal ini terbukti pada setiap siklus penerapan model CTL oleh guru pada siklus I adalah 82% meningkat pada siklus II dengan nilai 98%. Penerapan model CTL dapat meningkatkan aktivitas siswa terbukti dengan skor rata-rata siswa pada siklus I yang mencapai 56dan meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 74. Penerapan model CTL juga meningkatkan hasil belajar terbukti dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 60 dengan ketuntasan belajar 80% meningkat menjadi 80 dengan ketuntasan belajar 83% pada siklus II. Hal ini menunjukkan model CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SDN Blimbing 4 Malang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan sebelum melaksanakan pembelajaran dengan model CTL sebaiknya dilakukan perencanaan yang matang untuk menghindari kekacauan dalam kelas dan lebih teliti dalam menilai aktivitas siswa. Motivasi dan bimbingan guru harus terus dilakukan .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104454

Actions (login required)

View Item View Item