Pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap hasil belajar keterampilan menyimak dongeng siswa kelas II SDN Tanjungrejo 5 Malang / Irene Yousika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap hasil belajar keterampilan menyimak dongeng siswa kelas II SDN Tanjungrejo 5 Malang / Irene Yousika

Yousika, Irene (2012) Pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap hasil belajar keterampilan menyimak dongeng siswa kelas II SDN Tanjungrejo 5 Malang / Irene Yousika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Boneka Tangan Hasil Belajar Keterampilan Menyimak di SD Dalam KTSP 2006 disebutkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia berorientasi pada hakekat pembelajaran bahasa yang terdiri empat keterampilan bahasa yaitu menyimak berbicara membaca dan menulis. Salah satu media pembelajaran yang dapat mendukung keterampilan menyimak adalah media boneka tangan yang dapat membangkitkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar menyimak dengan dongeng yang dibacakan oleh guru pada siswa kelas IIA di SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang (2) hasil belajar menyimak dengan dongeng yang diceritakan guru menggunakan boneka tangan pada siswa kelas IIB SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang dan (3) pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap hasil belajar keterampilan menyimak siswa kelas II SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (quasi eksperimen). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IIA dan IIB SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang dengan sampel penelitian adalah siswa kelas II SDN. Tanjungrejo 5 Kota Malang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan (terdiri dari silabus RPP LKS dan media boneka tangan). Instrumen pengukuran penelitian yaitu intrumen hasil belajar pre-tes dan post-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar menyimak dongeng pada kelas kontrol dengan menggunakan cerita guru masih banyak siswa yang belum dapat memahami dongeng dan unsur dongeng yang meliputi tema tokoh latar dan pesan yang didapat dari dongeng dan hasil belajar siswa kelas eksperimen (menggunakan media boneka tangan) lebih baik daripada kelas kontrol (menggunakan pembelajaran cerita guru). Rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen adalah sebesar 87 42 dengan persen ketuntasan 83 33% sedangkan kelas kontrol sebesar 70 06 dengan persen ketuntasan 58 62%. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan hasil belajar keterampilan menyimak siswa kelas II SDN. Tanjungrejo 5 Kota Malang yang dibelajarkan menggunakan media boneka tangan dengan yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran cerita guru pada materi pokok dongeng. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu media boneka tangan baik digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi pokok dongeng dan pada saat menerapkan media boneka tangan hendaknya guru lebih memberikan perhatian pada siswa sehingga semua siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104452

Actions (login required)

View Item View Item