Persepsi siswa terhadap profil kompetensi guru dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Kebonsari 4 Kota Malang / Evi Dianita - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa terhadap profil kompetensi guru dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Kebonsari 4 Kota Malang / Evi Dianita

Dianita, Evi (2012) Persepsi siswa terhadap profil kompetensi guru dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Kebonsari 4 Kota Malang / Evi Dianita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Persepsi Siswa Kompetensi Guru Pembelajaran IPS SD IPS merupakan bidang studi gabungan dari 4 disiplin ilmu yaitu sejarah geografi sosiologi dan ekonomi. Untuk itu perlu adanya kemampuan dalam menyampaikan materi IPS yang didalamnya memuat 4 disiplin ilmu IPS. Dari arah kompetensi pedagogik seorang guru IPS diharapkan mampu merangkai 4 disiplin ilmu IPS menjadi satu materi yang utuh. Dari pandangan kompetensi kepribadian seorang guru IPS harus mengarah pada sosok yang berkepribadian baik dalam menerapkan materi-materi 4 disiplin ilmu IPS. Dari arah kompetensi sosial seorang guru IPS harus mampu bersosialisasi dengan baik. Dari segi kompetensi profesional seorang guru IPS harus mampu mengembangkan materi 4 disiplin ilmu IPS sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan persepsi siswa tentang profil kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Kebonsari 4 Malang (2) Mendeskripsikan persepsi siswa tentang profil kompetensi kepribadian guru dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Kebonsari 4 Malang (3) Mendeskripsikan persepsi siswa tentang profil kompetensi sosial guru dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Kebonsari 4 Malang (4) Mendeskripsikan persepsi siswa tentang profil kompetensi profesional guru dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Kebonsari 4 Malang Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kebonsari IV Malang dan Guru IPS kelas IV SDN Kebonsari 4 Malang. Teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kualitatif. Keterbatasan penelitian ini hanya meneliti 1 guru. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa guru IPS kelas IV memiliki kompetensi pedagogik 64% yang tergolong cukup baik kompetensi kepribadian 87% tergolong baik kompetensi sosial 85% tergolong baik dan kompetensi profesional 78% tergolong baik. Untuk kompetensi pedagogik pada indikator mengembangkan kurikulum guru masih belum mengembangkan kurikulum. Dari hasil wawancara dengan guru diketahui bahwa guru memahami teknik pembuatan RPP namun guru belum membuat RPP sendiri. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berdasarkan persepsi yang diberikan siswa kelas IV guru IPS kelas IV SDN Kebonsari IV Kota Malang secara umum sudah memiliki dan menerapkan kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Meskipun masih ada indikator yang belum terpenuhi pada kompetensi pedagogik. Dari hasil kesimpulan dapat disarankan bahwa seorang guru wajib mengembangkan sendiri perangkat pembelajaran yang dimiliki. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan teknik pembelajaran dan pengetahuan guru terutama pada bidang ilmu pengetahuan sosial. Karena materi IPS terus berkembang mengikuti perkembangan masyarakat secara global.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104448

Actions (login required)

View Item View Item