Studi korelasi antara kemampuan membaca pemahaman dan penyelesaian soal cerita pada mata pelajaran matematika siswa kelas III SDN Penanggungan Kota Malang / Wira Sinarta - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi korelasi antara kemampuan membaca pemahaman dan penyelesaian soal cerita pada mata pelajaran matematika siswa kelas III SDN Penanggungan Kota Malang / Wira Sinarta

Sinatra, Wira (2012) Studi korelasi antara kemampuan membaca pemahaman dan penyelesaian soal cerita pada mata pelajaran matematika siswa kelas III SDN Penanggungan Kota Malang / Wira Sinarta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci membaca pemahaman soal cerita siswa sekolah dasar Kemampuan membaca pemahaman adalah kesanggupan siswa untuk memahami bacaan isi kalimat isi pokok paragraf dan isi bacaan. Kemampuan membaca pemahaman bermanfaat pada mata pelajaran Matematika khususnya soal cerita yang disajikan dalam bentuk kalimat-kalimat verbal dan menanyakan kuantitas tertentu. Untuk itu diperlukan kemampuan memahami bacaan dari soal cerita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Tingkat kemampuan siswa kelas III SDN Penanggungan Malang dalam memahami bacaan (2) Kemampuan siswa kelas III SDN Penanggungan Malang dalam menyelesaikan soal cerita dan (3) Seberapa besar hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan penyelesaian soal cerita siswa kelas III SDN Penanggungan Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas III SDN Penanggungan Malang yang berjumlah 64 siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes tulis untuk mengungkap tingkat kemampuan membaca pemahaman dan menyelesaikan soal cerita. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan korelasional yang menggunakan teknik korelasi product moment. Instrumen sebelum digunakan untuk mengumpulkan data dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis deskriptif terhadap kemampuan membaca pemahaman menunjukkan rata-rata sebesar 64 14 dengan 18 siswa di bawah rata-rata dan 41 siswa di atas rata-rata. Nilai minimum membaca pemahaman siswa sebesar 0 sedangkan nilai maksimum sebesar 97 37. Penyelesaian soal cerita menunjukkan rata-rata sebesar 62 32 dengan 19 siswa nilainya di bawah rata-rata dan 35 siswa di bawah rata-rata. Nilai minimum menjawab soal cerita sebesar 0 sedangkan nilai maksimum sebesar 90. Hasil analisis r hitung 0 928 lebih besar dari pada rtabel dengan banyak 59 siswa yaitu 0 330. Menurut ketentuan tabel nilai indek koefisien korelasi rhitung penelitian sebesar 0 928 termasuk kategori korelasi yang tinggi. Korelasi yang terjadi merupakan korelasi yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dan penyelesaian soal cerita. Berdasarkan temuan hasil penelitian dikemukakan saran sebagai berikut (1) Kemampuan membaca pemahaman hendaknya dilatih sejak dini karena pelajaran membaca bermanfaat untuk pelajaran lain (2) Penelitian selanjutnya tentang membaca pemahaman hendaknya dilakukan sesuai dengan taksonomi Barett. (3) Penelitian ini hanya dilaksanakan di SDN Penanggungsn Kota Malang. Penelitian selanjutnya yang sejenis ini hendaknya dilakukan pada wilayah yang lebih luas dan variabelnya lebih beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104447

Actions (login required)

View Item View Item