Penerapan model keterampilan proses dasar untuk menin gkatkan kualitas pembelajaran IPA kelas IV SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Tara Arthalia Sofiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model keterampilan proses dasar untuk menin gkatkan kualitas pembelajaran IPA kelas IV SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Tara Arthalia Sofiana

Sofiana, Tara Arthalia (2012) Penerapan model keterampilan proses dasar untuk menin gkatkan kualitas pembelajaran IPA kelas IV SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Tara Arthalia Sofiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model pembelajaran keterampilan proses dasar kualitas pembelajaran IPA Pembelajaran harus dapat mengembangkan keterampilan memperoleh dan memproses produk IPA. Berdasarakan pengamatan di SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang pada pembelajaran IPA belum dapat mengembangkan keterampilan siswa dalam memperoleh dan memproses fakta konsep dan teori yang ada pada diri siswa. Rata-rata hasil belajar siswa 64 79 sedangkan data ketuntasan belajar klasikal ulangan harian pertama 17 siswa tuntas belajar dan 8 siswa belum tuntas. Hasil belajar ini belum bisa dikatakan maksimal dan perlu peningkatan lagi. Permasalahan yang ditemukan meliputi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar adalah model keterampilan proses dasar meliputi keterampilan mengamati mengklasifikasi mengukur memprediksi menyimpulkan dan mengkomunikasikan. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan proses dasar pada pembelajaran IPA kelas IV (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV selama pembelajaran IPA model keterampilan proses dasar (3) meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA model keterampilan proses dasar. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVA SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 25 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi 4 komponen yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata nilai aktivitas guru dalam menerapkan model siklus I mencapai 82 meningkat pada siklus II menjadi 88 5 (2) rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I mencapai 73 3 meningkat pada siklus II mejadi 80 4 (3) rata-rata hasil belajar siswa siklus I mencapai 65 63 meningkat pada siklus II menjadi 71 45. Kesimpulan penelitian ini bahwa (1) guru berhasil menerapkan model (2) aktivitas belajar siswa meningkat dan (3) hasil belajar siswa meningkat dibandingkan sebelum dilakukan tindakan. Sebelum melaksanakan pembelajaran dengan model keterampilan proses dasar guru hendaknya menyusun RPP sesuai langkah-langkah model membagi kelompok heterogen serta mempersiapkan alat dan bahan guna kegiatan percobaan. Supaya tidak terjadi kekacauan dalam pembelajaran dan setiap siswa dapat mengembangkan seluruh keterampilan yang ada pada dirinya. 8. Yudha Catur Hari W S.Pd selaku guru kelas IVA SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang yang telah memberikan bantuan kepada penulis selama proses penelitian 9. Siswa kelas IVA SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang yang telah membantu selama proses penelitian 10. Keluargaku tercinta yang selama ini selalu mendoakan mendukung dan memberikan semangat baik moral maupun materi sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini 11. Teman-teman S1 PGSD Off A-2010 yang menjadi teman seperjuanganku dan menjadi penyemangatku dalam menyelesaikan skripsi ini 12. Pihak-pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu yang telah memberikan bantuan baik secara langsung maupun tidak langsung guna terselesaikannya penyusunan skripsi ini Semoga Allah SWT senantiasa memberikan berkah dan karunia-Nya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan tersebut di atas. Skripsi ini tentu saja masih jauh dari sempurna sehingga kritik maupun saran yang membangun demi kesempurnaan skripsi ini akan diterima penulis dengan senang hati. Akhirnya semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca baik saat ini maupun saat yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104446

Actions (login required)

View Item View Item