Peningkatan hasil belajar matematika soal cerita menggunakan problem solving model Polya pada siswa kelas IV SDN Ngadirejo I Kota Blitar / Fahrizal Zuhri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika soal cerita menggunakan problem solving model Polya pada siswa kelas IV SDN Ngadirejo I Kota Blitar / Fahrizal Zuhri

Zuhri, Fahrizal (2012) Peningkatan hasil belajar matematika soal cerita menggunakan problem solving model Polya pada siswa kelas IV SDN Ngadirejo I Kota Blitar / Fahrizal Zuhri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Matematika Soal Cerita Problem Solving Model Polya Peningkatan hasil belajar Dalam kehidupan sehari-hari siswa selalu dihadapkan pada suatu masalah. Pembelajaran yang berkaitan dengan menyelesaikan masalah perlu diberikan kepada siswa sejak dini untuk mengatasi masalah kehidupannya di masa depan. Untuk merealisasikannya peneliti menerapkan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk aktif dalam menemukan konsep yang mereka pelajari pada pelajaran matematika. Kegiatan pembelajaran yang memuat secara tegas bagaimana siswa belajar matematika dengan aktif memecahkan masalah sendiri yaitu dengan Problem Solving Model Polya karena pada model ini siswa dituntut untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi setahap demi setahap mulai dari pemahaman masalah membuat perencanaan menyelesaikan masalah dan melakukan pengecekan kembali. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah tentang deskripsi penerapan problem solving model polya pada soal cerita matematika dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran soal cerita matematika menggunakan problem solving model polya. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan di SDN Ngadirejo I Kota Blitar dengan subyek siswa kelas IV. Data yang disajikan berupa data nilai hasil tes siswa serta data dokumentasi aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Sumber datanya adalah guru kelas peneliti dan 21 siswa kelas IV SDN Ngadirejo I Kota Blitar tahun pelajaran 2011/2012. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik dokumentasi observasi dan tes. Berdasarkan paparan data pada siklus pertama ada 14 siswa yang tuntas belajar dan 7 siswa belum tuntas belajar atau persentase ketuntasan 66 67%. Sedangkan pada siklus kedua 19 siswa tuntas belajar dan 2 siswa tidak tuntas dengan persentase ketuntasan 90 48%. Dengan demikian ada peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua. Peningkatan hasil belajar materi soal cerita melalui pembelajaran Problem Solving Polya pada siswa sudah sesuai dengan kajian teori. Melalui pembelajaran ini siswa mampu memahami konsep tentang satuan kuantitas dan mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi tersebut sehingga hasil belajar matematika dapat meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan problem solving model polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Untuk itu para guru disarankan untuk menerapkan problem solving model polya kepada siswa supaya hasil belajar Matematika semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104445

Actions (login required)

View Item View Item