Analisis kemampuan berbicara melalui bermain drama dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Lemujut Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo / Yenny Dwi Jayanti Nirwana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan berbicara melalui bermain drama dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Lemujut Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo / Yenny Dwi Jayanti Nirwana

Nirwana, Yenny Dwi Jayanti (2012) Analisis kemampuan berbicara melalui bermain drama dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Lemujut Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo / Yenny Dwi Jayanti Nirwana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kemampuan Berbicara Bermain Drama Siswa kelas V SD Kemampuan berbicara merupakan kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau mengucapkan kata-kata untuk mengekspresikan menyatakan menyampaikan pikiran gagasan dan perasaan. Berbicara tidak hanya mengenai mengungkapkan saja namun juga bagaimana mengungkapkan hal ini sesuai dengan bahasa dan pengucapan bunyi-bunyi bahasa tersebut. Kemampuan berbicara meliputi berbagai macam materi salah satunya yaitu bermain drama. Bermain drama merupakan suatu bentuk kemampuan berbicara yang terdapat dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Drama berhubungan dengan bermain peran. Bermain peran hampir sama dengan percakapan. Hanya saja dalam percakapan seseorang memerankan diri sendiri masing-masing sedangkan dalam bermain peran seseorang memerankan orang lain Penelitian ini dilaksanakan sesuai rumusan masalah yang ada yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berbicara dan kemampuan memerankan drama siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa hasil penilain berbicara siswa kelas V SDN Lemujut Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Sumber datanya adalah video kegiatan bermain drama yang kemudian dinilai dengan tabel kemampuan berbicara siswa. Adapun jumlah siswa adalah 27 anak. Data dikumpulkan peneliti sebagai instrumen kunci dibantu guru kelas dengan cara memberikan tugas membuat naskah drama dan siswa memerankan drama pendek yang dibuat secara kelompok. Hasil penelitian dapat dipaparkan sebagai berikut . Untuk pelafalan 96 rata-rata siswa kelas V SDN Lemujut artinya dianggap sudah mampu melafalkan dengan baik dan benar. Untuk nada/ irama rata-rata siswa kelas V SDN Lemujut mendapatkan nilai 61 yang artinya termasuk dalam cukup mampu berbicara Bahasa Indonesia dengan nada/irama yang benar. Nilai rata-rata yang di dapat siswa Kelas V SDN Lemujut untuk pilihan kata yaitu 70 artinya termasuk mampu berbicara Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dengan pilihan kata yang benar. Tekanan mendapatkan nilai 71 dianggap cukup sesuai dan durasi mendapatkan nilai 94 yang dianggap sudah sesuai. Untuk intonasi saat berbicara untuk siswa kelas V SDN Lemujut masih banyak yang kurang sesuai intonasi saat berbicara. nialai rata-rata yang didapat yaitu 67 untuk siswa kelas V SDN Lemujut yang artinya termasuk cukup mampu berbicara Bahasa Indonesia dengan intonasi yang benar. Ketepatan sasaran juga sudah efektif penggunaan kalimatnya dengan nilai rata-rata 85. Segi kelancaran rata-rata yang didapat untuk siswa Kelas V ini yaitu 81 dan sikap mendapatkan 78. Keterbukaan mendapatkan nilai 94 penalaran 75 penguasaan topik 74 dan Sedangkan untuk kenyaringan suara semua siswa sudah nyaring dan terdengar dengan baik dengan mendapatkan nilai rata-rata 100. Untuk pandangan mata siswa kelas V mendapatkan rata-rata 67 yang artinya cukup sesuai pandangan mata yang ditujukan kepada lawan bicara. Nilai rata-rata yang didapat siswa untuk mimik/ ekpresi yaitu 61 yang artinya cukup mampu berekspresi yang benar walaupun masih terdapat kekurangan dari beberapa siswa. Berdasarkan penelitian ini peneliti mengajukan saran untuk guru mata pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar peneliti selanjutnya dan pengembang kurikulum. Kepada guru mata pelajaran disarankan untuk lebih banyak memberikan latihan berbicara bagi siswa agar mereka dapat mengembangkan kemampuan berbahasanya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian yang serupa sebagai bahan perbandingan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104443

Actions (login required)

View Item View Item