Hubungan antara profil guru yang tersertifikasi dengan kinerja guru di SDN se-kota Malang / Rina Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara profil guru yang tersertifikasi dengan kinerja guru di SDN se-kota Malang / Rina Wulandari

Wulandari, Rina (2012) Hubungan antara profil guru yang tersertifikasi dengan kinerja guru di SDN se-kota Malang / Rina Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Profil Guru yang tersertifikasi Hubungan Kinerja Guru. Profil merupakan sketsa biografis sedangkan biografis adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis untuk orang lain. Jadi profil seorang guru merupakan daftar riwayat hidup dan pendidikan dari guru yang telah tersertifikasi. Profil guru yang diukur yaitu usia jenis kelamin pendidikan minimum pengalaman mengajar dan jalur sertifikasi. Dalam hal ini seorang guru atau pendidik yang telah tersertifikasi harus berdasarkan ketentuan-ketentuan yang berlaku yakni harus memiliki kualifikasi pendidikan S1/DIV berpengalaman mengajar baik yang berstatus negeri maupun swasta serta guru yang berkompeten dan professional. Dengan adanya program sertifikasi tersebut diharapkan guru dapat lebih meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk 1) mendiskripsikan profil guru SDN se-Kota Malang yang tersertifikasi 2) mendiskripsikan kinerja guru yang tersertidikasi di SDN se-Kota Malang 3) adakah hubungan antara profil guru yang tersertifikasi dengan kinerja guru di SDN se-Kota Malang 4) adakah perbedaan antara kinerja guru di SDN se-Kota Malang yang tesrertifikasi dan belum sertifikasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan data yang berupa angka-angka (score nilai) atau pernyataan-pernyataan yang diangkakan dan dianalisis dengan statistik. Berdasarkan tujuannya penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional. Pengambilan data dilakukan dengan teknik kuesioner/angket. Sumber data dan responden dalam penelitian ini adalah Guru SDN se-Kota Malang yang sudah sertifikasi dan belum sertifikasi. Dalam penelitian ini dilakukan langkah-langkah penganalisisan dengan penyeleksian data pengkodean data pentabulasian data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama. profil guru yang tersertifikasi sebagian besar berjenis kelamin perempuan dengan prosentase63.6% dan sebagian besar berpendidikan S1 dengan prosentase 87 25 % dan sudah cukup lama berpengalaman mengajar. Selain itu guru yang tesertifikasi sebagian besar melalui jalur PLPG dengan jumlah prosentase 73 6%. Kedua kinerja guru SDN se-Kota Malang yang sudah tersertifikasi dalam kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja Guru SDN se-Kota Malang yang tersertifikasi mengalami peningkatan dan kesejahteraan dimana jika kesejahteraan guru meningkat maka kinerjanya akan semakin meningkat pula. Keempat tidak ada hubungan yang signifikan antara profil guru yang tersertifikasi dengan kinerja guru di SDN se-Kota Malang. Kelima terdapat perbedaan antara kinerja guru yang tersertifikasi dengan kinerja guru yang belum sertifikasi. Hal ini membuktikan bahwa kinerja guru yang tersertifikasi lebih meningkat setelah mendapatkan sertifikat pendidik dikarenakan dengan adanya sertifikasi tunjangan guru akan bertambah dan kesejahteraan guru akan bertambah pula. Sehingga dengan adanya kesejahteraan tersebut dapat meningkatkan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104442

Actions (login required)

View Item View Item