Persepsi kesulitan berbahasa Jawa ragam krama inggil pada siswa kelas IV SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Krisna Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi kesulitan berbahasa Jawa ragam krama inggil pada siswa kelas IV SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Krisna Wulandari

Wulandari, Krisna (2012) Persepsi kesulitan berbahasa Jawa ragam krama inggil pada siswa kelas IV SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Krisna Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kesulitan berbahasa berbahasa Jawa ragam krama inggil SD Kesulitan berbahasa Jawa ragam krama inggil adalah kesukaran yang dihadapi dalam mmenghasilkan bunyi-bunyi bahasa yang tepat kesulitan dalam hal pengucapan bunyi bahasa/ bunyi wicara kesulitan dalam hal mengekspresikan pikiran atau gagasannya melalui bahasa yang baik dan benar kesulitan dalam hal pemahaman bahasa berkomunikasi dengan orang lain melalui penggunaan bahasa yang benar kesulitanmemahami atau menangkap apa yang dikatakan orang lain kepadanya kesulitan mengkoordinasikan atau mengatakan apa yang sedang ada di dalam pikirannya yang kesemua itu dapat diketahui dari kegagalan tertentu dalam mencapai tujuan-tujuan belajar bahasa Jawa dan pada khususnya kesukaran akan ragam bahasa terhalus dan tertinggi dari ragam bahasa yang lain yaitu bahasa Jawa ragam krama inggil. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup (1) kesulitan yang dihadapi dalamberbahasa Jawa ragam kramainggil dan (2) faktor yang mempengaruhi kesulitan dalam berbahasa Jawa ragam kramainggil siswa kelas IV SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa informasi lisan dari siswa dan juga informasi tertulis dari siswa guru dan orangtua siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi angket dan wawancara. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data (reduction data) penyajian data (display data) dan verifikasi data (conclution drawing). Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama tentang kesulitan dalam hal pengucapan bunyi bahasa/ bunyi wicara kesulitan dalam memahami dan menangkap apa yang dikatakan orang lain kesulitan dalam mengatakan apa yang sedang ada di dalam pikiran dan kesulitan dalam memahami teks wacana. Kedua tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan berbahasa Jawa ragam krama inggil yang meliputi faktor internal faktor inteligensi dan faktor perhatian. Faktor eksternal faktor orang tua dan keluarga siswa faktor lingkungan sekitar faktor metode pembelajaran dan faktor media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104441

Actions (login required)

View Item View Item