Pemanfaatan media pada pembelajaran IPS di SDN se-kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Retno Ade Hariani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media pada pembelajaran IPS di SDN se-kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Retno Ade Hariani

Hariani, Retno Ade (2012) Pemanfaatan media pada pembelajaran IPS di SDN se-kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Retno Ade Hariani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemanfaatan Media Pembelajaran IPS SD. Peran media pembelajaran dalam pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dengan harapan mampu meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik. Sebagai alat bantu pembelajaran media bisa berperan untuk menunjang penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru agar penyampaian bahan belajar bisa lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran bagaimana pemanfaatan media pembelajaran di SDN Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) media apa saja yang dimanfaatkan guru-guru di SDN Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dalam pembelajaran IPS (2) pemanfaatan media oleh guru-guru di SDN Kecamatan Kedungkandang Kota Malang (3) adakah kendala yang dihadapi para guru dalam pemanfaatan media di SDN Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif serta dilaksanakan pada 14 SDN se-Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum guru menggunakan media peta globe dan gambar dalam pembelajaran IPS dengan baik (70 5%) dalam pemanfaatan media pembelajaran guru telah menyesuaikan penggunaan media dengan tujuan pembelajaran (83 6%) tergolong baik dan sangat kecil guru mengalami kendala dalam pemanfaatan media pembelajaran (3 3%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) media yang sering digunakan dalam pembelajaran IPS oleh guru di SDN Kecamatan Kedungkandang yaitu peta globe dan gambar (2) efektifitas pemanfaatan media sudah sesuai dengan karakteristik media pembelajaran (3) dan sebagian kecil guru di SDN Kecamatan Kedungkandang Kota Malang mengalami kendala dalam pemanfaatan media pembelajaran. Dengan demikian dapat disarankan (1) media pembelajaran dalam pemanfaatannya haruslah selalu dihadirkan dalam setiap kegiatan belajar mengajar (2) efektifitas pemanfaatan media pembelajaran lebih ditingkatkan lagi dan apabila mengalami kendala dalam pemanfaatan media pembelajaran diharapkan guru dapat segera mengatasi dengan cara membuat membeli atau menyewa media pembelajaran jika media tersebut belum disediakan di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104440

Actions (login required)

View Item View Item