Peningkatan kemampuan siswa menulis laporan praktikum IPA melalui model diskoveri inkuiri di kelas V SDN Lirboyo I Kota Kediri / Sandra Romli - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan siswa menulis laporan praktikum IPA melalui model diskoveri inkuiri di kelas V SDN Lirboyo I Kota Kediri / Sandra Romli

Romli, Sandra (2012) Peningkatan kemampuan siswa menulis laporan praktikum IPA melalui model diskoveri inkuiri di kelas V SDN Lirboyo I Kota Kediri / Sandra Romli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kemampuan menulis laporan praktikum IPA model Diskoveri Inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi di kelas V yang menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam menulis laporan praktikum IPA pada pembelajaran IPA masih kurang sekali. Hal ini dikarenakan selama pembelajaran berlangsung guru hampir tidak pernah mengadakan kegiatan praktikum dan kegiatan menulis laporan praktikum IPA. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) Pelaksanaan pembelajaran IPA pada tahap pra tindakan (2) Kemampuan siswa menyusun laporan praktikum IPA pada tahap pra tindakan (3) Pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas V dengan menerapkan model diskoveri inkuiri pada tiap siklus (4) Kemampuan siswa menyusun laporan praktikum dengan menggunakan model diskoveri inkuiri IPA di kelas V pada tiap siklus. dan (5) Peningkatan kemampuan siswa kelas V dalam menyusun laporan praktikum IPA dengan menerapkan model diskoveri inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V sejumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian persentase rata-rata kemampuan menulis laporan praktikum IPA pada pembelajaran pratindakan hanya sebesar 19 % . Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran pada tahap pratindakan memperoleh kualifikasi nilai sangat kurang baik (SKB). Penerapan Model Diskoveri Inkuiri pada pembelajaran IPA dilaksanakan melalui 2 siklus. Pada siklus I aktivitas siswa menggunakan Model Diskoveri Inkuiri mendapat persentase rata-rata 70 % persentase tersebut termasuk kualifikasi baik. Pada siklus II meningkat 15 persen menjadi 85 % skor tersebut termasuk kualifikasi sangat baik. Kemampuan siswa kelas Vdalam menulis laporan praktikum IPA dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatan pada tiap siklus. perolehan persentase rata-rata siswa yang mengalami peningkatan secara bertahap mulai dari siklus I dan siklus II. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 10 persen dari 74 % menjadi 84 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Diskoveri Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis laporan praktikum IPA. Guru disarankan dengan kesadaran dapat menerapkan model Diskoveri Inkuiri yaitu pembelajaran yang di dalamnya terdapat pengalaman langsung untuk bekerja sambil belajar sehingga siswa akan mencari dan menemukan sendiri konsep IPA .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104439

Actions (login required)

View Item View Item