Pengembangan modul pembelajaran geometri materi bangun datar berbasis teori van hiele untuk siswa kelas V SDN Bandungrejosari I Kota Malang / Erif Ahdhianto

Ahdhianto, Erif (2012) Pengembangan modul pembelajaran geometri materi bangun datar berbasis teori van hiele untuk siswa kelas V SDN Bandungrejosari I Kota Malang / Erif Ahdhianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Modul, Geometri, Teori Van Hiele, Matematika Proses pembelajaran geometri khususnya pada materi bangun datar yang selama ini cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa masih banyak yang kurang paham dengan materi yang disajikan oleh guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dikembangkannya modul pembelajaran geometri berbasis teori Van Hiele. Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran geometri materi bangun datar dan mendeskripsikan kesesuaian dan kelayakan modul pembelajaran untuk digunakan dalam pembelajaran kelas V SDN Bandungrejosari I Kota Malang. Teori pembelajaran yang digunakan dalam penulisan modul ini yaitu teori Van Hiele. Van Hiele menyatakan 5 tahap dalam pemahaman geometri yaitu tahap pengenalan, analisis, pengurutan, deduksi dan keakuratan. Modul adalah suatu paket bahan ajar yang disusun secara sistematis dan memuat serangkaian aktivitas belajar mandiri agar siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dengan modul siswa dapat belajar menurut kecepatan dan caranya masing-masing serta menggunakan tehnik yang berbeda-beda untuk memecahkan masalah. Dengan adanya modul siswa akan lebih mudah dalam memahami materi Modul pembelajaran ini dikembangkan melalui proses validasi modul dan uji coba modul. Tahap validasi melibatkan tiga validator yaitu satu dosen matematika Universitas Negeri Malang dan dua guru matematika SDN Bandungrejosari I Kota Malang. Tahap uji coba modul melibatkan subjek coba yang terdiri dari sepuluh siswa SDN Bandungrejosari I Kota Malang. Hasil validasi modul secara keseluruhan memiliki rata-rata nilai 3,43 artinya modul yang dikembangkan dinyatakan valid. Kelebihan dari modul yang dikembangkan yaitu (1) materi yang disajikan sesuai dengan KTSP, (2) tampilan modul menarik, (3) kegiatan belajar yang disajikan mengacu pada teori Van Hiele, 4) Modul menuntun siswa untuk dapat menemukan sendiri konsep bangun datar, (5) siswa diberi kesempatan untuk menyusun kesimpulan secara mandiri. Adapun beberapa saran yang dapat dikemukakan yaitu (1) untuk pengembangan lebih lanjut diharapkan kepada pengembang-pengembang lain untuk mengujicobakan modul pembelajaran ini pada kelompok besar, (2) diharapkan ada tindak lanjut kegiatan pengembangan untuk materi-materi lainnya dalam rangka memperkaya dunia pendidikan, khususnya pada pembelajaran matematika (3) guru dapat mengembangkan modul ini sesuai dengan kondisi sekolah yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104438

Actions (login required)

View Item View Item