Studi perbandingan penggunaan media polimino dengan media counter coin terhadap hasil belajar matematika siswa jelas IV SDN Madyopuro 4 Kota Malang / Erika Ambar Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi perbandingan penggunaan media polimino dengan media counter coin terhadap hasil belajar matematika siswa jelas IV SDN Madyopuro 4 Kota Malang / Erika Ambar Rahmawati

Rahmawati, Erika Ambar (2012) Studi perbandingan penggunaan media polimino dengan media counter coin terhadap hasil belajar matematika siswa jelas IV SDN Madyopuro 4 Kota Malang / Erika Ambar Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar media Polimino dan media Counter Coin. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan dengan guru kelas IV A dan IV B di SDN Madyopuro 4 kegiatan pembelajaran matematika telah berjalan pada umumnya dengan media apa adanya. Media yang digunakan guru berupa papan tulis gambar karya siswa tahun lalu dan benda-benda yang ada sekitar siswa. Hasil belajar siswa di dua kelas setelah di rata-rata kurang mencapai KKM baik di kelas IV A maupun IV B. KKM pelajaran Matematika di SDN Madyopuro 4 adalah 67. Menyikapi masalah kurang tersedianya media penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat maka ada ketertarikan membandingkan 2 buah media yaitu media polimino dan media counter coin. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV A dengan menggunakan media polimino (2) Mendeskripsikan pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV B menggunakan media counter coin (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dalam penggunaan media polimino dan counter coin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah komparatif. Rancangan penelitian ini dengan eksperimen melalui pre-test dan post-test yaang melibatkan kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Madyopuro 4 Kota Malang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen perlakuan (terdiri dari RPP dan LKK) dan instrumen pengukuran (tes). Analisis dilakukan dengan uji t pada taraf signifikansi 945 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 menunjukkan tidak ada perbedaan hal ini didasarkan pada hasil uji t diketahui nilai -thitung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104437

Actions (login required)

View Item View Item