Profil kesalahan siswa kelas V Sekolah Dasar dalam melakukan estimasi hitung matematika / Imarotul Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil kesalahan siswa kelas V Sekolah Dasar dalam melakukan estimasi hitung matematika / Imarotul Azizah

Azizah, Imarotul (2012) Profil kesalahan siswa kelas V Sekolah Dasar dalam melakukan estimasi hitung matematika / Imarotul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci estimasi hitung matematika sekolah dasar Estimasi merupakan salah satu materi matematika yang berkaitan dengan penyelesaian suatu masalah dengan cepat dengan tidak menggunakan perhitungan (algoritma) yang sesuai dengan aturan matematika. Berhitung Estimasi tidak ditujukan kepada satu jawaban benar (tepat) tetapi cukup dengan perkiraan yang mendekati hasil perhitungan. Dengan banyaknya permasalahan matematika dalam bentuk berhitung estimasi (bukan perhitungan yang tepat) maka perlu dikenalkan berhitung estimasi di Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil survey Carlton dan Fitzgerald (dalam Post 1992 281) lebih dari 80% dari seluruh aplikasi matematika pada kehidupan sehari-hari menggunakan estimasi daripada perhitungan yang eksak (tepat). Oleh karena itu penelitian ini mengambil fokus pada masalah kesalahan estimasi hitung matematika yang dilakukan siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa kelas V Sekolah Dasar dalam melakukan estimasi hitung matematika dan mendeskripsikan penyebab kesalahan dalam melakukan estimasi hitung matematika. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini juga termasuk penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini mencakup siswa kelas V Sekolah Dasar di Gugus II UPT Pendidikan Dasar Kecamatan Klojen Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara.instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes dan pedoman wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Penyajian hasil analisis deskriptif berupa tabulasi data yang berisi frekuensi dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa kesalahan siswa kelas V Sekolah Dasar dalam melakukan estimasi hitung matematika yaitu secara umum siswa belum memiliki pola estimasi tertentu dan siswa masih sulit melepas pengetahuan prosedural dalam menyelesaikan masalah matematika. Dengan demikian agar pengetahuan yang dimiliki siswa lebih luas tentang estimasi guru disarankan menyelipkan materi estimasi dalam pembelajaran matematika. Bagi peneliti lain hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan dalam penulisan karya tulis yang berkaitan dengan estimasi hitung matematika. Hasil penelitian ini bisa ditindaklanjuti untuk penelitian berikutnya sebagai pengembangan pembelajaran matematika misalnya berdasarkan strategi pembelajaran model pembelajaran atau media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104436

Actions (login required)

View Item View Item