Penerapan model learning cycle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VI di SD Islam Nurul Izzah Malang / Etik Wunarwulan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model learning cycle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VI di SD Islam Nurul Izzah Malang / Etik Wunarwulan

Wunarwulan, Etik (2012) Penerapan model learning cycle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VI di SD Islam Nurul Izzah Malang / Etik Wunarwulan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Learning Cycle Aktivitas Hasil Belajar IPA. Model pembelajaran Learning Cycle merupakan salah satu model dengan prinsip konstruktivisme yang menekankan pada keaktifan siswa. Aktivitas dalam belajar melibatkan bentuk sikap pikiran perhatian dalam kegiatan pembelajaran guna menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Hasil belajar adalah proses yang dicapai siswa setelah kegiatan pembelajaran dengan kriteria tertentu. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah sekumpulan pengetahuan yang meliputi pengamatan dan analisis serta menuntut berpikir secara ilmiah. Model Learning Cycle ini sangat cocok digunakan dalam pembelajaran IPA karena menutut siswa untuk berpikir aktif dengan berbagai kegiatan ilmiah. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan model Learning Cycle pada pembelajaran IPA siswa kelas VI di SD Islam Nurul Izzah Malang (2) mendeskripsikan aktivitas siswa kelas VI dalam pembelajaran IPA di SD Islam Nurul Izzah Malang dengan menerapkan model Learning Cycle (3) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas VI di SD Islam Nurul Izzah Malang dengan menerapkan model Learning Cycle. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Islam Nurul Izzah Malang tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 25 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK yang meliputi empat tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan tindakan 3) observasi 4) refleksi dan 5) perbaikan rencana. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Learning Cycle dapat dilaksanakan dengan baik. Terbukti pada setiap siklus indikator dapat tercapai sesuai langkah pembelajaran. Penerapan model Learning Cycle dapat meningkatkan aktivitas dengan rata-rata keseluruhan pada siklus I mencapai 53 84 dan meningkat menjadi 76 16. Selain aktivitas juga dapat meningkatkan hasil belajar dengan rata-rata keseluruhan pada siklus I mencapai 74 18 dengan ketuntasan belajar sebesar 46% meningkat menjadi 79 10 dengan ketuntasan belajar kelas sebesar 80% pada siklus II. Hal ini berarti dengan menerapkan model Learning Cycle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Islam Nurul Izzah Malang. Berdasarkan hasil penilitian disarankan (1) dapat mengelolah kelas dengan baik supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai (2) hendaknya guru lebih menguasai buku sumber untuk memahami materi dan langkah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104434

Actions (login required)

View Item View Item