Pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas IV SDN 02 Karanggandu Trenggalek / Winny Selaning Ratri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas IV SDN 02 Karanggandu Trenggalek / Winny Selaning Ratri

Ratri, Winny Selaning (2012) Pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas IV SDN 02 Karanggandu Trenggalek / Winny Selaning Ratri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pendekatan keterampilan proses menulis cerita pendek siswa sekolah dasar. Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek yang penting untuk dikuasai siswa. Dengan menulis siswa akan mampu mengungkapkan pikiran pendapat gagasan dalam berbagai bentuk tulisan. Selain itu siswa mampu menggali informasi yang baru didapatkan dan diintegrasikan dengan pengetahuan yang telah dimiliki. Dalam menulis diperlukan beberapa tahapan (1) pramenulis (prewriting) (2) menulis/pemburaman (drafting) (3) perbaikan (revising) (4) penyutingan (editing) dan (5) mempublikasikan (publishing). Proses yang terdiri atas tahap-tahapan mulai dari pramenulis sampai dengan kegiatan publikasi merupakan kegiatan fleksibel. Menulis cerita pendek memerlukan pembinaan yang berkelanjutan karena melibatkan proses berpikir kreatif yang mengandung imajinasi emosi dan kemampuan mengolah kata. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan hasil keterampilan menulis cerita pendek yang menggunakan pendekatan keterampilan proses (2) untuk mengetahui adakah pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap keterampilan menulis cerita pendek kelas IV SDN 02 Karanggandu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN Karanggandu 02 kecamatan Watulimo kabupaten Trenggalek yang berjumlah 35 anak dan semuanya diteliti sehingga disebut sampel total. Data dikumpulkan menggunakan tes tulis untuk mengungkap hasil keterampilan menulis. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik inferensial yang jenis datanya berupa data interval yang dianalisis menggunakan uji t-tes terlebih dahulu dilakukan uji normalitas daan uji homogenitas. Hasil keterampilan menulis pada kelas ekperimen mencapai ketuntasan 88 89% sedangkan pada kelas kontrol ketuntasan belajar hanya mencapai 76 48%. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 74 5833 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol 68 9853. Hasil keterampilan menulis cerita pendek sebelum diberikan treatment (perlakuan) pada saat pre-tes diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 65 5278 yang apabila dipersentasekan sebesar 65 5%. Nilai keterampilan menulis cerita pendek setelah diberikan treatment (perlakuan) pada post-tes diperoleh nilai rata-rata 74 5888 yang apabila dipersentasekan menjadi 74 58%. Dari hasil analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan perhitungan statistik uji signifikansi menunjukkan bahwa nilai adalah 2 034 sedangkan nilai sebesar 2 396. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan keterampilan proses terhadap keterampilan menulis cerita pendek . Sehingga peneliti dapat menyimpulkan pendekatan keterampilan proses dapat mempengaruhi keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas IV SDN 02 Karanggandu Kecamatan Watulimo Trenggalek. Berdasarkan temuan hasil penelitian dikemukakan saran sebagai berikut (1) Hasil penelitiian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai bagaimana pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap keterampilan menulis cerita pendek sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menerapkan teknik pendekatan keterampilan proses dalam setting pembelajaran (2) Peneliti mengharapkan adanya penelitian lanjutan yang berkaitan dengan pendekatan keterampilan proses dan keterampilan menulis cerita pendek. Hal-hal yang disarankan untuk peneliti selanjutnya sebaiknya memperbanyak variabel yang digunakan agar data yang dihasilkan lebih beragam dan tentunya akan lebih valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104433

Actions (login required)

View Item View Item