Penerapan metode field trip untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas VB SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang / Bahrul Ulum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode field trip untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas VB SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang / Bahrul Ulum

Ulum, Bahrul (2012) Penerapan metode field trip untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas VB SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang / Bahrul Ulum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci metode field trip menulis deskripsi sekolah dasar Salah satu upaya peserta didik menguasai kemampuan berbahasa indonesia adalah menggunakan keterampilan berbahasa dalam bidang menulis keterampilan menulis sebagai suatu kegiatan berbahasa yang bersifat aktif dan produktif. Kegiatan bahasa yang terpenting juga adalah menuntut adanya kegiatan encoding yaitu kegiatan untuk menghasilkan atau menyampaikan bahasa kepada pihak lain melalui tulisan. Menulis adalah kegiatan menyampaikan gagasan yang tidak dapat secara langsung diterima dan direaksi oleh pihak yang dituju meskipun demikian menulis merupakan bagian terpenting untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak. Namun fakta dari hasil survei awal menunjukkan bahwa pada siswa kelas VB SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang kemampuan menulis deskripsi siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil menulis karangan deskripsi dengan metode field trip. Penelitian ini menerapkan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman observasi catatan lapangan angket tes dan wawancara. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode field trip dapat meningkatkan kualitas proses siswa kelas VB SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang dengan meningkatnya keaktifan dalam pembelajaran menulis karangan dari rata-rata pada siklus I sebesar 79 5% dan siklus II sebesar 82 3%. selain itu juga metode field trip dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa yang dapat dilihat dengan meningkatnya hasil deskripsi laporan pengamatan siswa dari rata-rata pada siklus I sebesar 74 8% dan siklus II sebesar 83 6 %. Disarankan bagi guru dalam menerapkan metode field trip untuk memanajemen waktu dengan baik sehingga pemanfaatan waktu bisa lebih optimal selain itu guru diharapkan membantu siswa selama pembelajaran berlangsung dengan cara berkeliling kepada tiap-tiap siswa untuk menanyakan setiap permasalahan yang dihadapi siswa serta yang terpenting juga yaitu guru harus lebih kreatif lagi dalam mengembangkan metode pembelajaran yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104432

Actions (login required)

View Item View Item