Peningkatan hasil belajar menghitung luas bangun datar melalui model konstruktivisme pada siswa kelas IIIA SDN Bendogerit 1 Kota Blitar / Ika Yuliati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar menghitung luas bangun datar melalui model konstruktivisme pada siswa kelas IIIA SDN Bendogerit 1 Kota Blitar / Ika Yuliati

Yuliati, Ika (2012) Peningkatan hasil belajar menghitung luas bangun datar melalui model konstruktivisme pada siswa kelas IIIA SDN Bendogerit 1 Kota Blitar / Ika Yuliati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar luas bangun datar model konstruktivisme Proses pembelajaran matematika di Kelas III A SDN Bendogerit 1 Kota Blitar masih mengutamakan teori daripada proses dan pola pembelajarannya masih berpusat pada guru. Guru masih melakukan pembelajaran dengan metode ceramah tanya jawab hafalan dan pemberian tugas sehingga siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep luas persegi dan persegi panjang. Maka perlu diadakan penelitian untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Bagaimana penerapan model konstruktivisme dalam pembelajaran menghitung luas bangun datar pada siswa kelas IIIA SDN Bendogerit 1 Kota Blitar (2) Apakah penerapan model kontruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar kelas IIIA SDN Bendogerit 1 Kota Blitar dalam menyelesaikan soal-soal terkait dengan konsep luas bangun datar persegi dan persegi panjang Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut. (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model konstruktivisme pada pembelajaran menghitung luas bangun datar di kelas III A SDN Bendogerit 1 Kota Blitar dapat meningkatkan hasil belajar menghitung luas persegi dan persegi panjang. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa mulai dari kegiatan pra tindakan sampai dengan kegiatan pada siklus II. Aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata ketercapaian aspek konstruktivisme sebesar 9 poin atau dengan persentase sebesar 75% serta dengan kriteria tingkat keberhasilan baik. Pada siklus II rata-rata ketercapaian aspek konstruktivisme naik 2 5 poin sehingga menjadi 11 5 poin atau dengan persentase sebesar 96% serta dengan kriteria tingkat keberhasilan sangat baik. Penilaian aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 15% yaitu dari 67% menjadi 82%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan adalah 61 siklus I adalah 70 dan siklus II adalah 86. Ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar 34% siklus I sebesar 63% dan siklus II sebesar 94%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104430

Actions (login required)

View Item View Item