Problematika guru dalam pembelajaran IPA kelas IV di sekolah dasar gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Teri Wahyu Siwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika guru dalam pembelajaran IPA kelas IV di sekolah dasar gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Teri Wahyu Siwi

Siwi, Teri Wahyu (2012) Problematika guru dalam pembelajaran IPA kelas IV di sekolah dasar gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Teri Wahyu Siwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problematika Guru Pembelajaran IPA SD. Guru sebagai salah satu faktor yang dominan dalam proses belajar mengajar tidak lepas dari beberapa problema problema tersebut bisa muncul pada saat merencanakan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Problematika guru dalam merencanakan pembelajaran IPA (2) Problematika guru dalam melaksanakan pembelajaran IPA (3) Mendeskripsikan cara guru mengatasi problematika yang dihadapi dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dengan jenis penelitian Survei. Intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner panduan wawancara panduan observasi. Prosedur pengumpulan datanya menggunakan metode observasi angket dan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan telah ditemukan bahwa sebanyak 71 43% guru sudah membuat RPP sebelum mengajar akan tetapi RPP yang dibuat guru masih belum sesuai dengan standar proses yang ditetapkan oleh BSNP. Ketidak sesuaian tersebut karena seluruh responden (100%) menyatakan mengalami kesulitan dalam merumuskan tujuan pembelajaran kesulitan dalam memilih metode model pembelajaran dan mengembangkan media pembelajaran lebih dari separo (57 14 %) guru mengalami kesulitan dalam mengelola kelas dan kesulitan dalam membuat kriteria penilaian hasil belajar siswa pada akhir pembelajaran hampir separo (42 85%) guru mengalami kesulitan dalam membuat soal evaluasi. Untuk mengatasi problema tersebut guru akan mengadakan seminar dan pelatihan cara membuat RPP sesuai dengan standar proses dan pelatihan cara menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran melalui forum KKG yang ada di Sekolah Dasar gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Berdasarkan temuan diatas dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran guru telah mengalami berbagai problema yang bervariasi. Seluruh responden (100%) mengalami kesulitan dalam merumuskan tujuan memilih metode model dan mengembangkan media pembelajaran lebih dari separo (57 14%) responden mengalami kesulitan mengelola kelas dan membuat kriteria penilaian hampir separo (42 85%) responden mengalami kesulitan membuat soal evaluasi. Dari kesimpulan tersebut dapat disarankan hendaknya guru membaca standar proses sampai selesai sebelum membuat RPP dan sebaiknya terus meningkatkan kemampuan dengan cara mengadakan seminar dan pelatihan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104429

Actions (login required)

View Item View Item