Pemanfaatan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat pada siswa kelas V SDN Sawojajar 1 Malang / Yanita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat pada siswa kelas V SDN Sawojajar 1 Malang / Yanita

Yanita (2012) Pemanfaatan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat pada siswa kelas V SDN Sawojajar 1 Malang / Yanita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kartu kata menulis kalimat pembelajaran bahasa Indonesia SD. Hasil observasi awal di SDN Sawojajar 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang ditemukan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V pada kompetensi dasar menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang jarang melibatkan serta mengaktifkan siswa. Siswa masih kurang aktif dalam pembelajaran. Siswa masih ada yang kurang paham dengan materi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pemanfaatan media kartu kata pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Sawojajar 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang 2) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas V SDN Sawojajar 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang setelah pemanfaatan media kartu kata. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu 1) planning 2) acting observing 3) reflecting dan 4) revise plan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian bahwa pemanfaatan media kartu kata pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V di SDN Sawojajar 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini terbukti pada setiap siklus indikator dapat tercapai dengan baik sesuai RPP yang telah dibuat yaitu dari skor rata-rata yang diperoleh untuk menulis kalimat 71 86 pada siklus I dan meningkat menjadi 76 03 pada siklus II. Sedangkan untuk menulis paragraf 67 21 pada siklus I dan meningkat menjadi 78 40 pada siklus II. Pada pemanfaatan media kartu kata presentase peningkatan sebesar untuk menulis kalimat 38 42 sedangkan presentase peningkatan sebesar untuk menulis paragraf 36 56. Pada hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan prosentase untuk menulis kalimat 38 42 dengan ketuntasan belajar klasikal 40 38% (21 siswa) pada siklus I dan 78 8% (41 siswa) pada siklus II. Sedangkan untuk menulis paragraf 36 56 dengan ketuntasan belajar klasikal 38 46% (20 siswa) pada siklus I dan 75% (39 siswa) pada siklus II. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk memanfaatkan media kartu kata dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi karangan berdasarkan pengalaman. Kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk memanfaatkan media pembelajaran yang lainnya untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat dan paragraf. Selain itu itu penelitian ini juga dapat dikaji lebih mendalam lagi dengan menggunakan kriteria evaluasi dan pendekatan yang berbeda mengenai upaya meningkatkan keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104426

Actions (login required)

View Item View Item