Analisis buku teks IPS kelas V semester 1 Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Rizka Nur Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku teks IPS kelas V semester 1 Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Rizka Nur Amalia

Amalia, Rizka Nur (2012) Analisis buku teks IPS kelas V semester 1 Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Rizka Nur Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci analisis buku teks IPS SD kelas V semester I. Buku teks merupakan salah satu bahan ajar yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Hasil dari penyebaran angket menunjukkan bahwa sebagian besar guru kelas V menggunakan buku BSE sebagai buku penunjang dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil diatas perlu adanya analisis yang mendalam untuk mengkaji kekurangan dan kelebihan BSE yang telah beredar.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui beberapa hal tentang kesesuaian isi materi dengan kurikulum kebenaran konsep kebenaran dan ketepatan bahasa dan kesesuaian media yang terdapat dalam BSE IPS SD kelas V semester 1 karangan Endang Susilaningsih dan Linda S. Limbong. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Salah satu jenis penelitian deskriptif adalah studi dokumenter atau disebut juga analisis isi (content analysis). Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks mata pelajaran IPS SD kelas V semester 1 karangan Endang Susilaningsih dan Linda S. Limbong yang banyak di gunakan pada SD Negeri Kecamatan Kedungkandang. Penyusun instrumen penelitian yang dikembangkan berdasarkan batasan kategorisasi. Instrument tersebut berupa pedoman analisis kesesuaian isi materi dengan kurikulum kebenaran konsep kebenaran dan ketepatan bahasa dan kesesuaian media terhadap buku tersebut. Hasil penelitian dapat dipaparkan sebagai berikut pertama kesesuaian isi materi dengan kurikulum dengan rincian (1) kesesuaian urutan isi materi sebesar 81 2% (2) kesesuaian lingkup isi materi sebesar 82 6% terdapat 4 indikator yang belum muncul. Kedua dari 105 konsep terdapat 97 yang benar atau sebesar 92 4%. Ketiga kebenaran dan ketepatan bahasa dengan rincian (1) dari 1790 tanda baca terdapat 1776 yang benar atau sebesar 99 2% (2) dari 1386 kalimat terdapat 1377 yang benar atau sebesar 99 4% (3) dari 289 paragraf terdapat 284 yang benar atau sekitar 98 3% serta ditemukan 2 kesalahan kata. Keempat dari 90 media terdapat 81 yang benar atau sekitar 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesesuaian urutan isi materi dengan kurikulum tergolong cukup sesuai kesesuaian lingkup isi materi dengan kurikulum tergolong cukup sesuai kebenaran konsep tergolong baik kebenaran dan ketepatan bahasa tergolong baik kesesuaian media tergolong baik. Dari hasil kesimpulan diajukan saran sebagai berikut pertama bagi guru dan pengguna buku sebelum menggunakan BSE IPS SD kelas V semester I harus ditelaah terlebih dahulu untuk mengetahui apakah buku yang akan dipilih sudah layak digunakan atau masih ada kekurangan. Kedua bagi penulis buku untuk lebih teliti dan memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan kesempurnaan buku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104424

Actions (login required)

View Item View Item