Pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA siswa SDN Sendangbumen 01 Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk / Wuri Rahayu Wuri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA siswa SDN Sendangbumen 01 Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk / Wuri Rahayu Wuri

Ningsih, Wuri Rahayu (2012) Pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA siswa SDN Sendangbumen 01 Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk / Wuri Rahayu Wuri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran SAVI Aktivitas Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Penggunaan model pembelajaran yang tepat menjadi daya dukung utama bagi guru sebagai upaya untuk menciptakan suasana belajar siswa secara aktif. Namun pada kenyataannya pembelajaran yang sering dilaksanakan merupakan pembelajaran teacher-centered. Pembelajaran aktif bisa dilaksanakan dengan menggabungkan gerakan fisik (somatik) dengan aktivitas berfikir (Intelektual) dan penggunaan semua indera (auditori visual) yang dikenal dengan model pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual). Namun menyatukan setiap model belajar siswa yang beragam akan membuat siswa tertarik dalam pembelajaran atau menghindari pembelajaran. Tujuan penelitian ini secara rinci adalah membuktikan pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA siswa di SDN Sendangbumen 1 Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi eksperimental). Untuk melaksanakan quasi eksperimental peneliti menggunakan desain Control group pre-test and post test (rancangan prates dan pascates dengan satu kelompok kontrol). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random sampling sehingga diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas IVB (kelas eksperimen) dan kelas IVA (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan yaitu instrumen perlakuan (silabus rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)) instrumen pengukuran hasil belajar (Soal Pre-test dan Post-test) instrumen pengukuran aktivitas belajar (lembar observasi). Teknik anasisis data yang digunakan berupa uji prasyarat analisis dan uji hip tesis penelitian dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua kesimpulan sebagai berikut. Pertama Terdapat pengaruh yang signifikaan model pembelajaran SAVI terhadap aktivitas belajar. Pengaruh tersebut diketahui dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus chi square. Jumlah X2 hitung 17 924 X2 tabel 9 488 maka H0 ditolak artinya ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran SAVI terhadap aktivitas belajar siswa kelas IV. Kedua Terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa. Hasil tersebut diperoleh dari Pengujian pada data hasil belajar (gain score). nilai probabilitas 0 05 (0 028 0 05) dan Thitung Ttabel (2 277 2 019) yang berarti menolak H0 sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran SAVI berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104422

Actions (login required)

View Item View Item