Pemanfaatan media halte kelipatan dalam pembelajaran matematika materi kelipatan di kelas IV MI Bustanul Ulum Batu / Nadia Savitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media halte kelipatan dalam pembelajaran matematika materi kelipatan di kelas IV MI Bustanul Ulum Batu / Nadia Savitri

Savitri, Nadia (2012) Pemanfaatan media halte kelipatan dalam pembelajaran matematika materi kelipatan di kelas IV MI Bustanul Ulum Batu / Nadia Savitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Halte Kelipatan Pembelajaran Kelipatan SD. Halte kelipatan merupakan gabungan media dua dimensi dan tiga dimensi. Media tiga dimensi terdiri dari lintasan yang bertuliskan bilangan asli sampai dengan 100 miniatur kendaraan umum bendera bertuliskan kelipatan dan terminal. Sedangkan media dua dimensi terdiri dari kantong lalu lintas kartu ijin jalan dan kartu petunjuk jalan. Media ini digunakan sebagai permainan untuk menemukan konsep kelipatan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang respon siswa terhadap pemanfaatan media halte kelipatan pada pembelajaran kelipatan di kelas IV MI Bustanul Ulum Batu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey. Berdasarkan tinjauan metode di atas maka penelitian ini berusaha menggambarkan mendeskripsikan serta menganalisa respon siswa terhadap pemanfaatan media halte kelipatan untuk pembelajaran matematika tentang kelipatan di kelas IV MI Bustanul Ulum penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang diperoleh melalui analisis skor angket yang dilakukan oleh penulis kepada siswa tentang pemanfaatan media halte kelipatan pada pembelajaran tentang kelipatan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang respon siswa terhadap pemanfaatan media tersebut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen Angket. Berdasarkan hasil penelitian ini tampilan media halte kelipatan sangat menarik bagi siswa kelas IV MI Bustanul Ulum Batu yaitu sebanyak 55%. Siswa kelas IV MI Bustanul Ulum sebanyak 64% lebih memahami pelajaran matematika dengan adanya halte kelipatan. Siswa kelas IV MI Bustanul Ulum sebanyak 64% lebih memahami pelajaran matematika dengan adanya halte kelipatan. Siswa kelas IV MI Bustanul Ulum sebanyak 47% sangat senang belajar menggunakan media halte kelipatan. Angka-angka yang terdapat pada halte kelipatan sangat jelas menurut siswa kelas IV MI Bustanul Ulum sebanyak 58%. Siswa kelas IV MI Bustanul Ulum Batu sebanyak 28% tidak jenuh belajar matematika setelah menggunakan halte kelipatan. Siswa kelas IV MI Bustanul Ulum Batu sebanyak 56% tidak kesulitan dalam mencari kelipatan setelah menggunakan halte kelipatan. Petunjuk menjalankan kendaraan pada kartu petunjuk jalan sangat mudah dipahami siswa kelas IV MI Bustanul Ulum Batu sebanyak 53%. Siswa kelas IV MI Bustanul Ulum Batu sebanyak 39% ingin menggunakan kembali halte kelipatan untuk belajar. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media halte kelipatan dapat diterima dan digunakan dengan baik oleh siswa kelas IV MI Bustanul ulum dalam mempelajari kelipatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104420

Actions (login required)

View Item View Item