Kemampuan siswa menulis paragraf yang memenuhi kualifikasi kohesi dan koherensi pada kelas V SDNU Bangil / Khoirun Nisak - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan siswa menulis paragraf yang memenuhi kualifikasi kohesi dan koherensi pada kelas V SDNU Bangil / Khoirun Nisak

Nisak, Khoirun (2012) Kemampuan siswa menulis paragraf yang memenuhi kualifikasi kohesi dan koherensi pada kelas V SDNU Bangil / Khoirun Nisak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kemampuan menulis paragraf kohesi dan koherensi SD Paragraf yang baik adalah paragraf yang memenuhi kualifikasi kohesi dan kohorensi serta persyaratan pengembangan sejalan dengan itu peneliti telah melakukan penelitian terhadap hasil karangan nilai siswa pada pembelajaran mengarang yang pernah di buat sebelumnya. Dari data nilai yang ada ternyata masih terdapat siswa yang memperoleh nilai di bawah nilai kriteria masalah yang akan di teliti adalah tentang kemampuan menulis paragraf yang memenuhi kualifikasi kohesi dan kohorensi Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa kelas V SDNU Bangil dalam menulis paragraph yang memehuhi kualifikasi kohesi (2) untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa kelas V SDNU Bangil dalam menulis paragraf yang memenuhi kualifikasi Kohorensi. Rancangan penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif sampai penelitian berjumlah 33 siswa teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi instrumen penelitian berupa tes analisa kemampuan menulis paragraf tekhnik analisis data yang di gunakan adalah kemampuan siswa menulis paragraf yang memenuhi kualifikasi kohesi dan koherensi yang di sajikan dengan bentuk tabel. Dari hasil penelitian untuk kemampuan penggunaan piranti kohesi dari 33 siswa siswa lebih cenderung menggunakan piranti subtitusi piranti konjungsi piranti urutan waktu dan piranti pengulangan persentase kemampuan penggunaannya adalah 90 9% sampai 100%. Untuk komponen koherensi yaitu terpenuhinya kalimat pokok kalimat penjelas dan kalimat pengembang dengan persentase 93 9% sampai 100% Pada komponen kohesi siswa lebih cenderung menggunakan piranti subtitusi piranti konjungsi piranti urutan waktu dan piranti pengulangan dengan baik sedangkan untuk komponen koherensi yaitu terpenuhinya kalimat pokok kalimat penjelas dan kalimat pengembang dengan baik .Dari data yang ada dapat disimpulkan Persyaratan kohesi dalam karangan siswa tampak pada piranti-piranti kohesi yang digunakan. Piranti kohesi yang paling sering digunakan oleh siswa adalah piranti subtitusi piranti konjungsi piranti urutan waktu dan piranti pengulangan. Sedangkan pada piranti parafrase piranti ketidakserasian piranti keserasian piranti pertentangan piranti perbandingan piranti sebab akibat piranti simpulan dan piranti contoh hanya sedikit siswa yang menggunakannya.Persyaratan koherensi dalam karangan siswa tampak pada komponen koherensi. Komponen koherensi yang sering digunakan adalah adanya kalimat pokok kalimat penjelas dan kalimat pengembang sedangkan pada kalimat contoh siswa cenderung tidak menggunakaanya pada karangan atau paragraf-paragraf yang dibuatnya. Saran untuk guru dalam pembelajaran menulis paragraf yang memenuhi kualifikasi kohesi dan koherensi hendaknya guru memberikan siswa banyak latihan memadukan antarkalimat dengan menggunakan penanda hubungan antar kalimat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104417

Actions (login required)

View Item View Item