Profil kesalahan dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Penanggungan Malang / Diana Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil kesalahan dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Penanggungan Malang / Diana Rohmah

Rohmah, Diana (2012) Profil kesalahan dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Penanggungan Malang / Diana Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Profil kesalahan Operasi Hitung Bilangan Bulat Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dan harus dikuasai oleh siswa. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat. Terdapat 55 siswa (75 3%) yang melakukan kesalahan terutama pada operasi hitung bilangan bulat. Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu untuk mendeskripsikan profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat dan penyebabnya. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan sumber data siswa kelas IV A sebanyak 39 dan kelas IV B sebanyak 37 siswa. Penelitian dilakukan pada bulan April 2012. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu siswa melakukan kesalahan dalam (1) menyelesaikan operasi hitung penjumlahan bilangan bulat dengan menggambar garis bilangan pada soal nomor 1 sebanyak 12 siswa (15 79%) soal nomor 2 sebanyak 15 siswa (19 74%) soal nomor 3 sebanyak 13 siswa (17 1%) dan soal nomor 4 sebanyak 24 siswa(31 58%) (2) menyelesaikan operasi hitung penjumlahan bilangan bulat beserta cara penyelesaiannya soal nomor 1 terdapat 14 siswa (18 42%) soal nomor 2 terdapat 36 siswa (47 37%) soal nomor 3 terdapat 22 siswa (28 94%) dan soal nomor 4 terdapat 30 siswa (39 47%) (3) menyelesaikan operasi hitung pengurangan bilangan bulat dengan menggambar garis bilangan pada soal nomor 1 sebanyak 18 siswa (23 68%) soal nomor 2 sebanyak 38 siswa (50%) soal nomor 3 sebanyak 34 siswa (44 74%) dan soal nomor 4 sebanyak 39 siswa (51 32%) (4) menyelesaikan operasi hitung pengurangan bilangan bulat bserta cara penyelesaiannya pada soal nomor 1 terdapat 28 siswa (36 84%) soal nomor 2 terdapat 51 siswa (67 1%) soal nomor 3 terdapat 47 siswa (61 84%) dan soal nomor 4 terdapat 52 siswa (68 42%). (5) menyelesaikan operasi hitung campuran pada soal nomor 1 sebanyak 40 siswa (52 63%) soal nomor 2 sebanyak 35 siswa (46 1%) soal nomor 3 sebanyak 38 siswa (50%) dan soal nomor 4 sebanyak 36 siswa (47 37%). Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat antara lain (1) siswa kurang memahami konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (2) siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal (3) siswa kurang memahami soal dan (4) siswa menjumpai hal yang baru dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat dengan cara menguraikan Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa siswa banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat. Disarankan kepada guru untuk memberikan soal-soal yang lebih variatif kepada siswa.Kepada peneliti selanjutnya disarankan agar dapat lebih mengembangkan penelitiannya dengan perencanaan yang matang sehingga hasilnya dapat lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104416

Actions (login required)

View Item View Item