Faoziyah, Anik (2012) Penerapan model siklus belajar (learning cycle) untuk meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Karangbesuki I Kecamatan Sukun Kota Malang / Anik Faoziyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran IPA SiklusBelajar(Learning Cycle) SD. Pembelajaran IPA di SDN Karangbesuki I selamainimasih mengandalkan guru sepenuhnya atau masih bersifat teacher centered. Guru mendominasikelasdenganmemberikanpenjelasanterkaitmaterimelaluimetodeceram ah. Guru tidakmenggunakan media sebagaialatbantuuntukmemberikanpenjelasankepadasiswa. Ketikapembelajaran IPA berlangsungsiswaterlihatkurangaktifkarena yang dilakukansiswahanyamendengarkandanmenulis.Pembelajaran IPA yang seharusnyamerupakan proses penemuantidakterjadi di kelasini. Guru tidakmengajaksiswauntukmenemukanataupunmelakukanpercobaansebagaipembu ktianterhadapmateri yang sedangdipelajari. Masalahdalampenelitianiniadalahbagaimanakahpenerapan model siklusbelajar(learning cycle)dalampembelajaran IPA.Serta seberapabesarpeningkatanaktivitasdanhasilbelajarsiswamelaluipenerapan model siklusbelajar(learning cycle)dalampembelajaran IPA. Rancangan yang digunakanadalahPenelitianTindakanKelas (PTK) dengan model siklusKemis Taggart.PenelitianTindakanKelasinidilaksanakandalam 2 siklus.Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas IV SDN Karangbesuki I KecamatanSukun Kota Malang denganjumlahsiswa 39 anak.Instrumen yang digunakanadalahpedomanobservasi tes dokumentasi dancatatanlapangan. Paparan data dalampenelitianiniterdiridarikegiatanprapenelitiandankegiatanpenelitian.Kegiatan penelitiantersebutmerupakanpenerapan model pembelajaran aktivitasdanhasilbelajarmelaluipenerapan model siklusbelajar(learning cycle). Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaperolehanpenerapan model siklusbelajar(learning cycle)terdiridari 5 faseyaituengagement exploration explanation elaboration danevaluation meningkatdari84% padasiklus I menjadi 94% padasiklus II. Sedangkanaktivitasbelajarmeningkatdarisiklus I sebesar 72 68% padasiklus II meningkatmenjadi 76 65%. Dan untukhasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatan.Ketuntasanbelajarsecaraklasika lpadasiklus I mencapai64 1% danpadasiklus II meningkatmenjadi 97 44%. Berdasarkanuraian di ataspenulisdapatmemberikankesimpulanbahwaterjadipeningkatanpembelajarandal ampenerapan model siklusbelajar(learning cycle).Penulismemberikan saran agar model inidapatdipertimbangkanuntukditerapkanpadapembelajaran IPA.Selainitujugasebagaisalahsatualternatifdalammemilihdanmenggunakan model pembelajaran yang sesuaiuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104414 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |