Elisa, Dhita (2012) Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran role playing dan picture and picture pada mata pelajaran bahasa indonesia di kelas VI SDN Sumberdem I Kecamatan Wonosari / Dhita Elisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Hasil belajar Role Playing Picture and Picture Bahasa Indonesia Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Kelas VI A SDN Sumberdem I Kec.Wonosari (2)mendeskripsikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Kelas VI B SDN Sumberdem I Kec.Wonosari (3) Menjelaskan perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dan Picture and Picture pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VI SDN Sumberdem I Kec.Wonosari.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Rancangan eksperimen digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VI SDN Sumberdem I. Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan (terdiri dari RPP LKS dan model pembelajaran Role Playing dan Picture and Picture). Instrumen pengukuran penelitian yaitu intrumen hasil belajar pre-tes dan post-tes. Masing- masing intrumen terdiri dari 20 soal. Analisis data dilakukan dengan uji t pada signifikansi 945 0 05.Hasil belajar kelas eksperimen I memiliki rata-rata sebesar 88 80 dengan selisih nilai pre-test dan post-test gain skore sebesar 27 20 prosentase ketuntasan sebesar 96%. Hasil belajar kelas eksperimen II memiliki rata-rata sebesar 78 33 dengan selisih nilai pre-test dan post-test/gain skore sebesar 18 33 prosentase ketuntasan sebesar 91%.Uji t gain skore juga menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen 1 lebih baik daripada kelas eksperimen 2 (thitung (2 145) ttabel(2 011)). Dari paparan data di atas disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dan Picture and Picture di kelas VI SDN Sumberdem I Kec.Wonosari.Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu guru harus pembelajaran Role Playing lebih baik digunakan dalam pembelajaran materi identifikasi unsur teks drama anak pada pelajaran bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104412 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |