Pembelajaran matematika dengan menggunakan teknik jarimatika pada siswa kelas II di SDN II Keboireng Kabupaten Tulungagung / Resti Praktikhana Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran matematika dengan menggunakan teknik jarimatika pada siswa kelas II di SDN II Keboireng Kabupaten Tulungagung / Resti Praktikhana Maharani

Maharani, Resti Praktikhana (2012) Pembelajaran matematika dengan menggunakan teknik jarimatika pada siswa kelas II di SDN II Keboireng Kabupaten Tulungagung / Resti Praktikhana Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Jarimatika Pembelajaran Matematika. Pada studi pendahuluan yang peneliti lakukan diketahui bahwa guru Matematika di kelas II SDN II Keboireng Kabupaten Tulungagung menggunakan teknik Jarimatika sebagai alternatif untuk melatih siswa semakin mahir menguasai perkalian. Ditemukan pula fakta bahwa siswa kelas II sudah hafal perkalian bilangan 1 2 3 4 dan 5. Hal ini sebagai penunjang dikuasainya teknik Jarimatika untuk perkalian bilangan 6 7 8 9 dan 10. Teknik ini dirasa lebih efektif dalam berhitung perkalian dibandingkan mencongak. Berdasarkan hal tersebut peneliti merasa perlu untuk mengadakan penelitian berkaitan dengan pembelajaran Matematika materi perkalian bilangan 6 7 8 9 dan 10 dengan menggunakan teknik Jarimatika pada siswa kelas II di SDN II Keboireng Kabupaten Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi objektif tentang pembelajaran Matematika materi perkalian bilangan 6 7 8 9 dan 10 dengan menggunakan teknik Jarimatika melalui tahap persiapan pelaksanaan penilaian faktor pendukung dan penghambat pembelajaran dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian survei. Data penelitian ini berupa tindakan kata-kata dan dokumen yang diperoleh dari hasil observasi wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penyimpulan. Ada dua jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen utama dan instrumen penunjang. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sedangkan instrumen penunjangnya adalah lembar observasi pedoman wawancara catatan lapangan dan foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebelum melaksanakan pembelajaran Matematika materi perkalian bilangan 6 7 8 9 dan 10 dengan menggunakan teknik Jarimatika guru melaukan persiapan yang meliputi penyusunan RPP berdasarkan kurikulum dan Silabus dari Diknas persiapan buku paket (buku teknik Jarimatika) pembuatan LKS soal evaluasi dan lembar penilaian (2) pembelajaran Matematika materi perkalian bilangan 6 7 8 9 dan 10 dengan menggunakan teknik Jarimatika dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu pendahuluan inti dan penutup (3) penilaian yang dilaksanakan guru mencakup tiga kategori yaitu aspek penilaian cara penilaian dan pelaporan hasil penilaian (4) faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran ini datang dari guru dan siswa dan (5) upaya untuk mengatasi kendala dilakukan oleh guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan pada guru Matematika kelas II untuk menggunakan cara mencongak daripada teknik Jarimatika bagi kepala sekolah sebaiknya sesekali memantau pembelajaran yang dilakukan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104411

Actions (login required)

View Item View Item