Pengembangan modul pembelajaran matematika konsep pecahan di kelas V / Diyah Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran matematika konsep pecahan di kelas V / Diyah Puspita Sari

Sari, Diyah Puspita (2012) Pengembangan modul pembelajaran matematika konsep pecahan di kelas V / Diyah Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci matematika SD pecahan model 4-D modul pembelajaran Matematika merupakan mata pelajaran yang perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar. Siswa SD masih terikat dengan objek konkret yang dapat ditangkap oleh panca indera. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti pada pembelajaran matematika di kelas V SDN Kauman 3 Malang pada materi pokok pecahan diperoleh fakta bahwa pembelajaran matematika pada materi pokok pecahan belum menggunakan media berupa objek konkret. Oleh karena itu peneliti bermaksud mengembangkan media berupa modul pembelajaran sebagai alternatif pemecahan masalah pembelajaran matematika di kelas V. Modul dipilih karena memiliki keuntungan diantaranya siswa dapat belajar dengan mandiri dan disiplin serta lebih praktis karena materi telah disusun secara sistematis. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika konsep pecahan di kelas V yang efektif efisien dan menarik. Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti yaitu model pengembangan 4-D dari Thiagarajan et all. Peneliti memodifikasi model 4-D menjadi model 3-D tanpa melalui tahap disseminate. Jadi dalam penelitian pengembangan ini peneliti hanya melaksanakan tiga tahapan diantaranya define design dan develop. Modul hasil pengembangan berupa Draf I ini divalidasi oleh ahli isi dan materi dari dua orang dosen matematika SD dan dua guru kelas V. Setelah divalidasi modul diujicoba dalam dua tahap. Tahap pertama uji perorangan dengan subjek uji 3 siswa untuk menilai keterbacaan modul dan kesalahan pengetikan. Tahap kedua uji coba kelompok kecil dengan subjek uji sebanyak 10 siswa kelas untuk menilai kemenarikan dan keterpakaian modul bagi siswa kelas V SD. Berdasarkan uji coba perorangan didapatkan hasil bahwa ada beberapa kesalahan pengetikan sehingga modul harus direvisi. Setelah direvisi modul diujicobakan kepada kelompok kecil. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa 100% subjek uji coba sudah mencapai ketuntasan minimal penggunaan modul. Untuk menilai kemenarikan dan keterpakaian modul menggunakan penilaian angket siswa yang diberikan kepada seluruh subjek uji coba. Hasil dari penilaian angket siswa diperoleh bahwa 100% subjek uji coba menilai modul pembelajaran konsep pecahan sudah cukup menarik. Modul pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kajian modul pembelajaran hasil revisi terdiri dari 5 bagian yaitu (1) Bagian I Petunjuk Pembelajar (2) Bagian II Petunjuk Kegiatan Pebelajar (3) Bagian III Lembar Kerja Pebelajar (4) Bagian IV Lembar Penilaian (5) Bagian V Kunci Jawaban. Saran pemanfaatan modul yang dikembangkan sebaiknya menggunakan sumber lain yang relevan untuk mendukung tercapainya indikator dalam modul. Karena dalam pengembangan ini tidak sampai pada tahap disseminate maka sangat disarankan bagi pengembang berikutnya untuk melakukan uji coba sekala besar. Sebaiknya modul ini dikembangkan dengan materi yang lebih lengkap lagi untuk matematika kelas V.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104410

Actions (login required)

View Item View Item