Peningkatan kemampuan memahami teks bacaan melalui membaca sekilas (skimming) di kelas V SDN Tanjungsari 1 Kota Blitar / Pramita Dyah Mustika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan memahami teks bacaan melalui membaca sekilas (skimming) di kelas V SDN Tanjungsari 1 Kota Blitar / Pramita Dyah Mustika Sari

Sari, Pramita Dyah Mustika (2012) Peningkatan kemampuan memahami teks bacaan melalui membaca sekilas (skimming) di kelas V SDN Tanjungsari 1 Kota Blitar / Pramita Dyah Mustika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci membaca sekilas teks bacaan hasil belajar. Hasil observasi menunjukkan bahwa masalah tentang pemahaman teks bacaan yang terjadi di kelas V SDN Tanjungsari 1 Kota Blitar masih sangat rendah yaitu sebanyak 23 siswa kemampuannya dalam memahami isi teks bacaan belum maksimal. Dalam mengajar guru menggunakan metode dan teknik membaca yang kurang variatif menyenangkan dan menarik perhatian siswa. Berdasarkan uraian tersebut tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan membaca sekilas (skimming) dalam meningkatkan pemahaman teks bacaan siswa di kelas V dan mendeskripsikan dengan menerapkan teknik membaca sekilas (skimming) dapat meningkatkan pemahaman teks bacaan siswa kelas V serta mengorganisasikannya dengan kelompok. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tanjungsari 1 Kota Blitar yang terdiri dari 31 siswa. Langkah-langkah model ini ialah kerja kelompok membaca dua teks bacaan dengan membaca sekilas membandingkan kedua teks bacaan tersebut dengan cara dicari persamaan dan perbedaannya dan persentasi kelompok. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sebesar 11 55% dari sebelum dilakukan tindakan dengan melihat rata-rata ulangan harian sebelumnya dan setelah dilaksanakan tes akhir siklus 1. Sedangkan hasil belajar siswa dari siklus 1 telah meningkat sebesar 7% ke siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran membaca sekilas (skimming) dilakukan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN Tanjungsari 1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dapat disarankan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran memahami teks bacaan maka teknik membaca sekilas (skimming) hendaknya dapat dijadikan pertimbangan guru dalam mengajarkan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Namun penerapan pembelajaran tersebut harus disesuaikan dengan materi yang diajarkan. Penerapan pembelajaran membaca sekilas (skimming) hendaknya dapat digunakan juga oleh peneliti lain untuk melaksanakan atau mengembangkan penelitian serupa pada subjek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104409

Actions (login required)

View Item View Item