Perbedaan kemampuan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) antara guru yang sudah bersertifikasi di SD Negeri Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun / Rika Kusuma Widyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kemampuan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) antara guru yang sudah bersertifikasi di SD Negeri Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun / Rika Kusuma Widyaningrum

Widyaningrum, Rika Kusuma (2012) Perbedaan kemampuan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) antara guru yang sudah bersertifikasi di SD Negeri Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun / Rika Kusuma Widyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sertifikasi SD. Guru memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan peserta didik terutama dalam kaitannya dengan proses belajar-mengajar. Sehubungan dengan itu pemerintah terus berupaya mencari alternatif untuk meningkatkan kualitas dan kinerja profesi guru UU RI No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen merupakan salah satu terobosan yang sedang diberlakukan pemerintah melalui standar kompetensi dan sertifikasi guru. Berkembangnya asumsi bahwa guru yang sudah sertifikasi memiliki kapabilitas dan profesionalisme yang tidak perlu dipertanyakan lagi mendorong dilaksanakannya penelitian untuk membuktikan apakah guru yang sudah sertifikasi benar-benar menjadi guru yang berkualitas dan profesional terutama dalam hal perencanaan pembelajaran melalui penyusunan RPP dibanding guru yang belum bersertifikasi. Penelitian kali ini akan mengkaji mengenai perbedaan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) antara guru yang sudah bersertifikasi dan yang belum bersertifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1.Kemampuan guru yang sudah bersertifikasi dalam penyusunan RPP 2.Kemampuan guru yang belum bersertifikasi dalam penyusunan RPP dan 3.Perbedaan kemampuan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran antara guru yang sudah bersertifikasi dan yang belum bersertifikasi di SD Negeri Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun yang berjumlah 210 guru. Penelitian ini menggunakan penelitian sampel yang diambil dari populasi dengan menggunakan teknik random sampling yaitu sebanyak 53 guru yang terdiri dari 26 guru yang bersertifikasi dan 27 guru yang belum bersertifikasi. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi yang dianalisis melalui uji-t untuk dua sampel independen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan penyusunan RPP oleh guru bersertifikasi sangat baik dengan mean 35 00 atau 87 5% (2) Kemampuan penyusunan RPP oleh guru yang belum bersertifikasi baik dengan mean 31 24 atau 78 1% (3) Terdapat perbedaan yang signifikan thitung ttabel yaitu 4 962 2 014 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104408

Actions (login required)

View Item View Item