Penerapan pendekatan tim kuis untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kedung Banteng I Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan / Agustina Rokhmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan tim kuis untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kedung Banteng I Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan / Agustina Rokhmawati

Rokhmawati, Agustina (2012) Penerapan pendekatan tim kuis untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kedung Banteng I Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan / Agustina Rokhmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peningkatan Aktivitas Hasil Belajar Tim Kuis IPS SD. Bedasarkan hasil observasi pada tanggal 15 Desember 2011 di SDN Kedung Banteng I selama pembelajaran IPS berlangsung seluruh siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan membaca buku pelajaran dan hasilnya nilai ulangan siswa kelas V SDN Kedung Banteng I Rembang tahun 2011 khususnya pada pembelajaran IPS terdapat kesenjangan nilai diketahui dari 19 orang siswa sebesar 15 8% (3 orang) yang mendapatkan nilai baik sedangkan yang mendapatkan nilai cukup yaitu 26 3% (5 orang) dan 57 9% (11 orang ) mendapatkan nilai kurang hal itu mengacu pada standar ketuntasan minimal yang ditetapkan di SDN Kedung Banteng I adalah 70. Tujuan Penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan penerapan pembelajaran melalui pendekatan tim kuis pada pembelajaran IPS kelas V SDN Kedung Banteng I Rembang.Pasuruan (2) mengetahui sejauh mana peningkatan aktifitas siswa kelas V SDN Kedung Banteng I Rembang Pasuruan setelah diterapkannya pendekatan tim kuis (3) mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Kedung Banteng I Rembang.Pasuruan setelah diterapkannya pendekatan tim kuis. Pendekatan tim kuis adalah pendekatan pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk berfikir mandiri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Deskriptif Kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) langkah-langkahnya diadopsi dari model Kemmis dan Taggart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kedung Banteng I Rembang Pasuruan sebanyak 19 siswa. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci lembar observasi soal test tulis dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan tim kuis dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kedung Banteng I. Hal ini terjadi karena guru telah menerapkan pendekatan tim kuis sesuai dengan tahap-tahap dalam pendekatan tersebut. Untuk aktifitas siswa pada siklus I mendapat nilai rata-rata (79 8) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi (82 0). Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat mulai dari sebelum dilakukannya tindakan (59 47) kemudian dilakunnya tindakan pada siklus I mendapat nilai rata-rata (75 7) selanjutnya tindakan pada siklus II (78 4). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan pendekatan tim kuis terlaksana dengan baik dan hasilnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru harus mengetahui dengan jelas seperti apa langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan agar pembelajaran terlaksana dengan efektif dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104405

Actions (login required)

View Item View Item