Meningkatkan prestasi belajar IPS kelas III melalui model inkuiri di SDN 2 Sumberingin Kidul kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung / Saiful Amri - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan prestasi belajar IPS kelas III melalui model inkuiri di SDN 2 Sumberingin Kidul kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung / Saiful Amri

Amri, Saiful (2012) Meningkatkan prestasi belajar IPS kelas III melalui model inkuiri di SDN 2 Sumberingin Kidul kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung / Saiful Amri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci prestasi belajar ips dan model inkuiri. Hasil observasi dan wawancara singkat dengan guru kelas III SDN 2 Sumberingin Kidul Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung diperoleh informasi bahwa (1) Siswa kurang aktif dan kurang berminat dalam pembelajaran IPS. (2) Metode yang sering digunakan oleh guru adalah metode ceramah dan tanya jawab siswa hanya pasif menerima materi dari guru. (3) Prestasi belajar siswa diketahui 4 siswa yang mendapat nilai di atas 68 dan 11 siswa mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model Inkuiri pada pelajaran IPS kelas III SDN 2 Sumberingin Kidul Kec Ngunut Tulungagung. (2) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar mata pelajaran IPS melalui model inkuiri pada siswa kelas III SDN 2 Sumberingin Kidul Kec Ngunut Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model bersiklus setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning) tindakan (action) pengamatan (observation) dan reflleksi (reflection). Dengan subyek siswa kelas III sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara angket siswa tes dokumentasi dan catatan lapangan. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajara inkuiri dapat meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan aktifitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal 26% dengan nilai rata-rata kelas 58 dan mengalami kenaikan pada siklus II perolehan ketuntasan kilasikal mencapai 87% dengan nilai rata-rata kelas 83. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal 47% nilai rata-rata kelas 70. Pada siklus II mencapai ketuntasan klasikal 87% dengan nilai rata-rata kelas 80 dari 15 siswa terdapat 13 siswa yang tuntas belajar dan 2 siswa dinyatakan belum tuntas belajar karena kemampuan sisawa yang di bawah rata-rata/rendah. Penerapan model inkuiri dapat meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104404

Actions (login required)

View Item View Item