Peningkatan pemahaman teks bacaan melalui model SQ3R (survey, question, read, recite. and review) pada siswa kelas IV SDN Tanjungsari 1 Kota Blitar / Ninik Indrawani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman teks bacaan melalui model SQ3R (survey, question, read, recite. and review) pada siswa kelas IV SDN Tanjungsari 1 Kota Blitar / Ninik Indrawani

Indrawani, Ninik (2012) Peningkatan pemahaman teks bacaan melalui model SQ3R (survey, question, read, recite. and review) pada siswa kelas IV SDN Tanjungsari 1 Kota Blitar / Ninik Indrawani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model SQ3R (Survey Question Read Recite and Review) teks bacaan hasil belajar. Hasil observasi menunjukkan bahwa masalah tentang pemahaman teks bacaan yang terjadi di kelas IV SDN Tanjungsari 1 Kota Blitar masih sangat rendah yaitu sebanyak 10 siswa belum mampu memahami isi teks bacaan dalam beberapa kalimat. Dalam mengajar guru menggunakan model pembelajaran yang kurang variatif menyenangkan dan menarik perhatian siswa. Berdasarkan uraian tersebut tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model SQ3R (Survey Question Read Recite and Review) dalam meningkatkan pemahaman teks bacaan siswa kelas IV dan mendeskripsikan dengan menerapkan model SQ3R dapat meningkatkan pemahaman teks bacaan siswa kelas IV serta mengorganisasikannya dengan kelompok. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tanjungsari 1 Kota Blitar yang terdiri dari 18 siswa. Langkah-langkah model ini ialah kerja kelompok siswa mengsurvey teks bacaan menyusun pertanyaan membaca teks bacaan menjawab pertanyaan mengkaji ulang menceritakan kembali isi teks bacaan dan persentasi kelompok. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model SQ3R yang dilakukan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SDN Tanjungsari 1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar sebesar 7 44% dari sebelum dilakukan tindakan dengan melihat rata-rata ulangan harian sebelumnya dan setelah dilaksanakan tes akhir siklus 1. Sedangkan hasil belajar siswa dari siklus 1 telah meningkat sebesar 8% ke siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan bahwa untuk meningkatkan hasil belajsr siswa dalam pembelajaran memahami teks bacaan maka model pembelajaran SQ3R hendaknya dapat dijadikan pertimbangan guru dalam mengajarkan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Namun penerapan model pembelajaran tersebut harus disesuaikan dengan materi yang diajarkan. Penerapan model pembelajaran SQ3R hendaknya dapat digunakan juga oleh peneliti lain untuk melaksanakan atau mengembangkan penelitian serupa pada subjek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104403

Actions (login required)

View Item View Item