Meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana melalui model pembelajaran numbered heads together (NHT) pada siswa kelas II SDN Bumiayu IV Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Iin Martalivia - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana melalui model pembelajaran numbered heads together (NHT) pada siswa kelas II SDN Bumiayu IV Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Iin Martalivia

Martalivia, Iin (2012) Meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana melalui model pembelajaran numbered heads together (NHT) pada siswa kelas II SDN Bumiayu IV Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Iin Martalivia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci menulis kalimat sederhana Numbered Heads Together (NHT) SD Pembelajaran menulis kalimat sederhana merupakan salah satu pembelajaran di SD yang peranannya sangat penting. Kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa masih tergolong rendah. Kenyataan di lapangan hasil belajar menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II SDN Bumiayu IV Kecamatan Kedungkandang Kota Malang belum sesuai apa yang diharapkan. Siswa masih belum menguasai cara menulis kalimat sederhana dengan baik dan benar. Sebagai guru harus mempunyai cara dalam mengatasinya dengan menggunakan model pembelajaran salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas II SDN Bumiayu IV Kecamatan Kedungkandang Kota Malang . Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Proses pelaksanaan tindakan pada sikus I dilaksanakan dalam dua kali pertemuan sedangkan siklus II dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. Secara umum hasil penelitian dalam temuan-temuan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kalimat sederhana di kelas II SDN Bumiayu IV Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana dalam dua siklus terlihat jelas pada siklus II sudah lebih baik dari pada siklus I. Semua indikator dan tujuan pembelajaran sudah terpenuhi mulai dari aktifitas siswa saat berdiskusi kelompok dan hasil evaluasi yang mengalami peningkatan pada siklus II yang signifikan dari siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan peningkatan hasil belajar siswa yang ditandai dengan (1) pembelajaran yang berjalan lebih optimal (2) hasil penulisan kalimat sederhana siswa yang sudah sesuai menurut unsur kalimat yang berupa bentuk dan makna (2) jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam menulis kalimat sederhana mencapai 83 3%. Berdasarkan hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis kalimat sederhana dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas II SDN Bumiayu IV Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Berkaitan dengan hal itu maka disarankan agar guru kelas II SD hendaknya melaksanakan pembelajaran menulis kalimat sederhana dengan banyak memberikan latihan terutama membuat kata benda (S) dan kata kerja (P) kemudian menggabungkannya menjadi kalimat sederhana yang berpola Subjek Predikat (SP).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104402

Actions (login required)

View Item View Item